Sutan Riska Kukuhkan Panitia MTQ ke-XI Tingkat Kabupaten Dharmasraya

Langgam.id - Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengukuhkan panitia penyelenggara MTQ ke-XI tingkat Kabupaten Dharmasraya 2022.

Pengukuhkan panitia penyelenggara MTQ ke-XI tingkat Kabupaten Dharmasraya tahun 2022. [Foto: Dok. Pemkab Dharmasraya]

Langgam.id - Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengukuhkan panitia penyelenggara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XI tingkat Kabupaten Dharmasraya Tahun 2022. Acara ini berlangsung di Gedung Serba Guna Nagari Sopan Jaya Kecamatan Padang Laweh, Rabu, (14/09/22).

Dalam sambutannya, Sutan Riska mengucapkan selamat bekerja kepada seluruh panitia yang telah dikukuhkan, dan bekerjalah sesuai dengan tugas yang telah diamanahkan.

"Insya Allah tugas suci ini jika dikerjakan dengan penuh keikhlasan, integritas yang tinggi, apa yang kita cita-citakan bersama akan tercapai dan mendapat balasan yang setimpal dari Allah," ujar Sutan Riska.

Pelaksanaan MTQ ke-XI, kata Sutan Riska, sudah tertunda selama dua tahun akibat Pandemi Covid-19. "Alhamdulillah, sekarang sudah bisa kita laksanakan tergantung kepada kepiawaian panitia dalam menyukseskan MTQ ke-XI. Rencananya akan dilaksanakan 10-12 November 2022," ungkapnya.

MTQ, sebut Sutan Riska, merupakan program nasional sebagai upaya nyata untuk menyiapkan generasi yang cinta Al-Quran dengan memperlombakan cara membaca, memahami, menghafal, menulis, bagaimana mengaplikasikan dan mengamalkan isi kandungan Al-Quran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sehingga, isi kandungan Al-Quran menjiwai dan menginspirasi setiap langkah masyarakat untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

"MTQ yang kita laksanakan, bukanlah sekadar hajatan formalitas atau mengejar prestasi dan gelar juara. Tapi, yang lebih penting menjadi momentum untuk mensyiarkan Al-Quran di tengah masyarakat. Sehingga, tercapainya tujuan mulia, semakin meningkat kecintaan anak-anak dan generasi muda Dharmasraya untuk mempelajari, menghayati dan mengamalkan isi kandungan Al-Quran," ucapnya.

Selain itu, lanjut Sutan Riska, MTQ tingkat kabupaten merupakan wadah untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas untuk tingkat provinsi, nasional dan internasional.

"Kalau selama ini putra-putri terbaik Dharmasraya baru bisa berkiprah di MTQ nasional, kita berharap kedepan ada dari Dharmasraya mewakili Indonesia pada MTQ tingkat Internasional. Kami yakin dan optimis suatu saat harapan kita ini akan terwujud, tentu berkat kerjasama berbagai pihak dalam membina qori dan qoriah, hafizh hafizhah termasuk dukungan kita yang hadir pada saat ini,” paparnya.

Sutan Riska juga mengharapkan, momentum MTQ di Kecamatan Padang Laweh sebagai tuan rumah dapat terlaksana dengan baik dan sukses. Setidaknya tercapai Tri Sukses yakni, sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses pertanggungjawaban.

Baca juga: Sutan Riska Ungkap Pentingnya Keberadaan IPPAT di Dharmasraya

"Kecamatan Padang Laweh sebagai tuan rumah MTQ ke-XI harus mampu merangkul semua potensi untuk menyiapkan sarana dan prasarana dalam menjamu kedatangan para tamu, kafilah MTQ dari seluruh kecamatan yang ada di Dharmasraya. Tentu sesuai dengan regulasi dan ketentuan yang ada dan tidak melanggar aturan," katanya.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Dharmasraya Gelar FGD Pembinaan Statistik Sektoral 2024 Targetkan Peningkatan Nilai IPS
Dharmasraya Gelar FGD Pembinaan Statistik Sektoral 2024 Targetkan Peningkatan Nilai IPS
Pasar rakyat berkonsep modern akan segera hadir di Kabupaten Dharmasraya. Pelaksanaan groundbreaking proyek pembangunan Pasar Dharmasraya
Gandeng PT Adhi Perkasa Gedung, Pasar Rakyat Dharmasraya Dibangun di Lahan 5 Ha
Ibunda Bupati Dharmasraya Meninggal Dunia
Ibunda Bupati Dharmasraya Meninggal Dunia
Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan
Kinerja Pemerintah Kabupaten Dharmasraya Terbaik di Sumbar, Nomor 9 di Indonesia
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Stok gula pasir di Bulog Sumbar kosong, sementara stok beras capai 7.000 ton.
Bulog Gelar Bazar 2 Hari Disela HUT Dharmasraya
Forkopimda Dharmasraya Tinjau Lokasi Banjir dan Longsor di Taratak Tinggi
Forkopimda Dharmasraya Tinjau Lokasi Banjir dan Longsor di Taratak Tinggi