Sumbar Masuk 5 Besar Pelapor Terbanyak ke Ombudsman

PPDB Online Diperpanjang

Kantor Ombudsman Perwakilan Sumbar. (Foto: Rahmadi)

Langgam.id - Ketua Ombudsman Republik Indonesia Amzulian Rifai mengatakan ada sekitar 10 ribu laporan yang diterima setiap tahunnya di Indonesia dari berbagai daerah.

Dari 34 provinsi di Indonesia, Sumatra Barat masuk 5 besar kategori laporan terbanyak. Namun menurutnya banyak jumlah laporan bukan berarti birokrasi daerah tersebut jelek.

"Harus kita ketahui, jumlah laporan banyak itu birokrasinya jelek, atau sebaliknya kalau jumlahnya sedikit pasti bagus," katanya di Aula Gubernuran Sumbar, Padang, Senin, (14/10/2019).

Ia mengatakan hal tersebut karena adanya kementerian atau lembaga yang sehari-hari bersentuhan dengan masyarakat. Ada juga lembaga yang tidak terlalu banyak interaksi dengan masyarakat sehingga tidak ada laporan ke Ombudsman.

"Misalnya kepolisian sehari-hari bersentuhan dengan masyarakat, jadi banyak, tetapi kalau Kementerian Pertahanan tidak banyak, karena tidak bertemu dengan masyarakat," katanya.

Menurutnya secara nasional keluhan didominasi kepada pemerintah daerah. Hal itu terkait dengan sejumlah perizinan karena wewenang perizinan berada di pemerintah daerah.

"Keluhan terhadap pemerintah daerah masih banyak, itu bisa dimaklumi karena kalau perizinan ada di daerah," katanya. (Rahmadi/HM)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Langgam.id - Sejumlah orang tua mengadu ke Ombudsman soal kecurangan berupa pendongkrakan nilai oleh siswa unuk PPDB Online SMA SMK 2022.
Penjelasan Kepala SMPN 1 Padang Soal Tuduhan Nilai Siswa Didongkrak untuk PPDB Online
Wako Padang Jadi Petugas Haji, Ombudsman: Berefek Pada Pelayanan Publik
Wako Padang Jadi Petugas Haji, Ombudsman: Berefek Pada Pelayanan Publik
Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Ombudsman RI Perwakilan Sumbar menduga, SE Disdikbud Padang itu inkonstitusional.
Ombudsman Minta Pemko Evaluasi SE Disdikbud Padang Soal Vaksinasi Anak
Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Jemaah haji juga wajib Vaksin Miningitis sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci.
Anak Belum Divaksin Tak Bisa Belajar Tatap Muka, Ombudsman: SE Itu Prematur, Tak Bisa Diterapkan
Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih menyerahkan piagam penghargaan kepada Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi di Balai Kota Payakumbuh.
Prediket Zona Hijau, Pemko Payakumbuh Terima Penghargaan dari Ombudsman
Pemko Padang - Ombudsman RI Teken MoU Pelayanan Publik
Pemko Padang - Ombudsman RI Teken MoU Pelayanan Publik