Sosok Fitri Yanti, Satu-satunya Perempuan yang Ikut Pilkades Serentak di Kota Pariaman

Langgam.id - Perhelatan Pilkades Serentak di Kota Pariaman bakal segera ditabuh. Dari 68 calon, satu di antaranya seorang perempuan.

Fitri Yanti, sosok perempuan yang ikut bertarung dalam Pilkades Serentak di Kota Pariaman. (Foto: Dok. Diskominfo Kota Pariaman)

Langgam.id - Perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kota Pariaman bakal segera ditabuh. Dari 68 calon yang akan ikut bertarung, satu di antaranya seorang perempuan.

Perempuan yang ikut dalam perhelatan Pilkades Serentak itu bernama Fitri Yanti, berasal dari Desa Toboh Palabah, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Pariaman, Hendri mengatakan, Pilkades Serentak yang akan digelar itu diikuti tiga kecamatan se-Kota Pariaman.

"Ada sebanyak 68 orang Calon Kepala Desa dari 18 Desa di tiga kecamatan yang ada di Kota Pariaman, mereka akan bertarung pada Februari nanti. Satu di antaranya seorang perempuan," ujar Hendri dikutip dari situs resmi milik Pemko Pariaman, Kamis (13/1/2022).

Fitri ikut pilkades, kata Hendri, karena ingin menunjukkan emansipasi atau keterlibatan perempuan dalam pembangunan di Kota Pariaman semakin meningkat.

"Kesetaraan gender antara laki-laki dan perempuan juga sudah diakui di Kota Pariaman," ungkap Hendri.

Dijelaskan Hendri, Fitri merupakan seorang ibu rumah tangga yang memiliki dua orang anak. Ia juga pernah bekerja sebagai tenaga administrasi di Rumah Sakit Aisyah Kota Pariaman.

Ditegaskan Hendri, perempuan juga berhak bertarung dalam Pilkades Serentak nanti, karena salah satu syarat untuk menjadi calon kepala desa, itu warga negara Indonesia asli, tidak peduli perempuan atau laki-laki.

"Mereka (perempuan) berhak mendapatkan perlakuan yang sama dalam pemerintahan ini, apalagi mereka mampu dan dipercayai oleh masyarakat dalam memimpin desa mereka," jelasnya.

Hendri berharap, Pilkades Serentak yang bakal digelar 12 Februari 2022, dpaat berjalan lancar dan sukses.

Baca juga: Kota Pariaman Segera Gelar Pilkades Serentak, Ini Pesan Genius Umar

"Siapapun Kepala Desa yang terpilih nantinya di desa mereka masing-masing, mereka adalah pimpinan yang dipercaya oleh masyarakat, untuk memajukan desa mereka dan juga bisa bersinergi dengan pemerintah kota pariaman dalam membangun Kota Pariaman untuk lebih maju," katanya.


Dapatkan update berita Sumbar terbaru dan terkini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Pemprov Sumbar Tambah 3 Rumah Sakit Rujukan Corona termasuk rs di Padang
Jajan Permen Dilarutkan Air, 7 Pelajar SD di Pariaman Dilarikan ke RS
Pemko Kembangkan Hutan Kota Sikapak di Pariaman Jadi Destinasi Wisata
Pemko Kembangkan Hutan Kota Sikapak di Pariaman Jadi Destinasi Wisata
Wawako Pariaman Sidak Pegawai Kantor Camat Pariaman Tengah
Wawako Pariaman Sidak Pegawai Kantor Camat Pariaman Tengah
Puluhan Atlet 3 Provinsi Ikuti Body Contest di Pariaman
Puluhan Atlet 3 Provinsi Ikuti Body Contest di Pariaman
Sebelum ke Pelaminan, 34 Pasangan Calon Pengantin Ikuti Bimbingan Pranikah di Pariaman
Sebelum ke Pelaminan, 34 Pasangan Calon Pengantin Ikuti Bimbingan Pranikah di Pariaman
Wako: Serapan APBD 2022 Kota Pariaman Tertinggi di Sumbar, Ketiga di Indonesia
Wako: Serapan APBD 2022 Kota Pariaman Tertinggi di Sumbar, Ketiga di Indonesia