Siswi SMP di Tanah Datar Dilaporkan Hilang, Jendela Kamar Ditemukan Terbuka

Langgam.id - Seorang siswi SMP di Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat (Sumbar) bernama Nabila (15) dilaporkan hilang oleh pihak keluarga.

Ilustrasi. (Foto: pixabay.com)

Langgam.id - Seorang siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat (Sumbar) bernama Nabila (15) dilaporkan hilang oleh pihak keluarga. Ia diketahui tidak berada di dalam kamarnya sejak Selasa (28/6/2022) pagi.

Proses pencarian pun hingga Kamis (30/6/2022) masih dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Datar beserta masyarakat setempat. Pencarian bahkan mengunakan drone untuk menjangkau ke dalam hutan.

Nabila merupakan warga Guguak Cino, Nagari Tanjung Barulak, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar. Ia diketahui bersekolah di SMPN 5 Batusangkar.

Penjabat Wali Nagari Tanjung Barulak, Iqbal mengatakan, keluarga mengetahui anak tersebut tidak berada di kamar pada pukul 04.00 WIB.

"Dibangunkan keluarga semuanya, tidak ada yang tahu. Dilihat di kamar, jendela sudah terbuka. Setelah itu, keluarga meminta bantuan ke BPBD," ujar Iqbal saat dihubungi langgam.id, Kamis (30/6/2022).

Ia menyebutkan, pihak keluarga telah mencoba mencari ke kediaman saudara maupun ke teman sekolah, namun keberadaan Nabila tak diketahui. Berbagai spekulasi muncul terkait hilangnya anak tersebut.

"Kita hilangkan dulu dugaan itu, kita fokus pencarian untuk menghilang kekhwatiran keluarga. Pencarian juga diperluas hingga radius tiga kilometer," ungkap Iqbal.

Iqbal mengakui kekhwatiran pihak keluarga, yakni anak melakukan sesuatu yang tidak diinginkan di dalam hutan. "Kecemasan orang tua takut anak ini pikir pendek, takut apa-apa yang dilakukan di dalam rimba," jelasnya.

Dikatakan Iqbal, hingga saat ini belum diketahui faktor pasti Nabila pergi meninggalkan rumah. Jika masalah pribadi, lanjut Iqbal,  pihaknya tidak berhak untuk ikut campur.

Baca juga: Bocah Perempuan yang Diterkam Buaya di Agam Ditemukan Meninggal Dunia

Namun yang jelas, kata dia, BPBD dan masyarakat setempat saat ini fokus mencari tahu keberadaan anak tersebut.

"Hilangnya kemana tidak tahu. Kita tetap berusaha, mencari ke hutan," katanya.

Baca Juga

Presiden Joko Widodo menilai penanganan bencana di Sumatra Barat, yaitu di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, sudah berjalan
Presiden Nilai Penanganan Bencana di Sumbar Sudah Berjalan Baik
Bupati Tanah Datar Pastikan Kesiapan Penyambutan Presiden di Lokasi Pengungsian
Bupati Tanah Datar Pastikan Kesiapan Penyambutan Presiden di Lokasi Pengungsian
Sebanyak 23 jembatan di enam kecamatan di Tanah Datar, putus akibat bencana alam banjir bandang yang terjadi pada Sabtu (11/5/2024).
23 Jembatan di Tanah Datar Putus Diterjang Banjir Bandang
Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumbar menyebutkan ada sebanyak delapan titik longsoran badan jalan (terban) akibat scoring .
13 Korban di Kawasan Tanah Datar yang Masih Hilang akan Terus Dicari
TNI akan menyediakan jembatan bailey di tujuh titik di Kabupaten Tanah Datar. Dengan adanya jembatan ini nantinya, diharapkan bisa
Pulihkan Akses yang Terputus, 7 Jembatan Bailey Akan Dibangun di Tanah Datar
Sebanyak 13 orang masih dinyatakan hilang memasuki hari ketujuh pasca bencana alam banjir bandang di Tanah Datar. Pemkab Tanah Datar
13 Orang Masih Hilang Akibat Banjir Bandang di Tanah Datar, 350 Personel Dikerahkan Cari Korban