Sidak Makanan ke Pasar Lubuk Buaya, Anggota DPR RI Tak Temukan Bahan Berbahaya

Sidak Makanan ke Pasar Lubuk Buaya, Anggota DPR RI Tak Temukan Bahan Berbahaya

Anggota DPR asal Sumbar Suir Syam sidak makanan bersama BPOM Padang ke pasar Lubuk Buaya Padang (ist)

Langgam.id- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Padang menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke pasar Lubuk Buaya, Selasa, (21/5/2019). Dalam sidak yang turut didampingi Anggota DPR RI Komisi IX itu, juga dilakukan pengecekan kandungan makanan yang dijual para pedagang di mobil laboratorium milik BPOM Padang.

Sidak ini dilakukan dalam rangka pengawasan pangan yang beredar selama Ramadan dan Idul Fitri 1440 Hijriah. Dari hasil sidak itu, petugas tidak menemukan bahan makanan berbahaya. Baik pewarna makanan, atau pun zat pengawet.

"Tidak ditemukan bahan berbahaya. Mungkin ini karena aktifnya BPOM Padang melakukan pemeriksaan, pengawasan dan sosialisasi kepada masyarakat," kata Anggota Komisi IX DPR RI asal Sumbar Suir Syam.

Menurut mantan Wali Kota Padang Panjang itu, Sumbar termasuk aman dari makanan berbahaya. Sebab, belum satu pun ditemui bahan-bahan pengawet maupun pewarna yang berbahaya dai beberapa tempat yang telah disambangi.

"Tadi di tes langsung di mobil laboratorium. Ada sampel dari pewarna dan pengawet, seperti kerupuk, ikan kering yang biasanya dipakai pengawet dan cendol, semua aman," katanya.

Sementara itu, Kepala BPOM Padang Martin Suhendri mengatakan, sedikitnya, 20 sampel yang biasanya diduga mengandung bahan berbahaya diambil dalam sampel pengecekan saat sidak. Namun, semuanya menunjukkan hasil negatif. Pihaknya berharap, agar Anggota Komisi IX DPR RI tetap mengawal anggaran BPOM seperti biasa. Sebab, pengawasan rutin tidak bisa dilakukan tanpa anggaran yang memadai.

"Ekspektasi masyarakat Sumbar terhadap BPOM Padang sudah tinggi. Adanya beberapa pengaduan, adanya permintaan pengurusan registrasi, dan sertifikasi pangan melalui program Si Jempol. Kalau pun dipotong jangan signifikan agar program kami tetap berjalan dengan baik," tuturnya. (Rahmadi/RC)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: BPOM temukan penyebab keracunan pelajar SD di Gunung Sariak Padang.
BPOM Temukan Penyebab Keracunan Puluhan Siswa SD di Gunung Sariak Padang
BPOM Padang menduga penyebab keracunan puluhan siswa SDN 29 Gunung Sariak, Kecamatan Kuranji, Kota Padang karena mikroba.
BPOM Duga Penyebab Keracunan Puluhan Siswa di Padang karena Mikroba
Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Padang menerjunkan tim untuk menelusuri penyebab keracunan puluhan siswa dan warga di Gunung Sarik
Kata BPOM Padang Soal Siswa SD Keracunan di Gunung Sarik
Sidak Pasar Pabukoan di Padang, BPOM Periksa 11 Sampel Makanan
Sidak Pasar Pabukoan di Padang, BPOM Periksa 11 Sampel Makanan
Selama Ramadan, BPOM Padang Sisir 19 Titik Pasar Pabukoan di Sumbar
Selama Ramadan, BPOM Padang Sisir 19 Titik Pasar Pabukoan di Sumbar
Unand Kukuhkan 2 Guru Besar Teknik Sipil
Unand Kukuhkan 2 Guru Besar Teknik Sipil