BPOM Temukan Penyebab Keracunan Puluhan Siswa SD di Gunung Sariak Padang

Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: BPOM temukan penyebab keracunan pelajar SD di Gunung Sariak Padang.

Tampak depan dari SDN 29 Gunung Sarik, Kota Padang. [foto: Fuadi Zikri/Langgam.id]

Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: BPOM temukan penyebab keracunan pelajar SD di Gunung Sariak Padang.

Langgam.id - Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Padang menemukan adanya mikroba atau bakteri jahat pada bakso yang menyebabkan puluhan siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 29 Gunung Sariak, Kecamatan Kuranji, Kota Padang keracunan.

Kepala BPOM Padang, Firdaus Umar mengatakan, hasil tersebut didapat setelah pihaknya memeriksa sampel bakso bakar yang menjadi penyebab keracunan di laboratorium mikrobiologi BPOM Padang selama delapan hari, sejak Selasa (11/1/2021).

Ada tiga sampel yang diperiksa, kata Firdaus, yaitu sampel bakso, kecap dan saus yang digunakan untuk bakso bakar tersebut.

Sementara, di sampel kecap dan saus pihaknya tak menemukan adanya bakteri jahat.

"Hasil uji, kita menemukan ada pertumbuhan bakteri yang berbahaya di dalam bakso, yaitu Staphylococcus Aureus dan E. Coli (Escherichia Coli)," ujar Firdaus kepada Langgam.id, Rabu (19/1/2022).

Dijelaskan Firdaus, adanya bakteri Staphylococcus Aureus itu menandakan kurang bersihnya pengolahan bakso bakar. Sementara, adanya bakteri E. Coli, diduga pengaruh air yang digunakan untuk mengolah bakso.

Sehingga, lanjut Firdaus, wajar saja menimbulkan efek samping mual, muntah hingga pusing bagi mereka yang mengonsumsi bakso bakar tersebut.

"Sampel itu juga kita sudah serahkan ke Dinas Kesehatan Kota Padang untuk ditindaklanjuti, agar penjual atau pembuat baksonya dibina," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, keracunan massal pelajar SD di Gunung Sariak, Kota Padang itu terjadi, Selasa (11/1/2022).

Para pelajar dilaporkan mengalami gejala muntah, sakit perut hingga pusing sekitar pukul 09.00 WIB. Gejala itu muncul setelah mereka mengkonsumsi bakso bakar sejak pukul 07.00 WIB.

Para pelajar yang keracuanan itu terdiri dari 30 orang, mulai dari kelas 1 hingga jelas 6 SD.

Baca juga: Sudah Pulih, Semua Siswa yang Keracunan di Padang Kembali Sekolah

Lalu, juga ada lima warga sekitar yang turut keracunan, termasuk seorang balita dan ibu hamil. Mereka semua sempat dirawat di RSUD dr. Rasyidin Padang dan kini sudah pulih.

Dapatkan update berita Padang – berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Padang Kembali Gelar Pasar Siti Nurbaya
Padang Kembali Gelar Pasar Siti Nurbaya
Abrasi Kian Mendesak Pasir Jambak, Rumah dan Pondok Wisata Semakin Terancam
Abrasi Kian Mendesak Pasir Jambak, Rumah dan Pondok Wisata Semakin Terancam
Komandan Korem (Danrem) 032 Wirabraja, Brigjen TNI Rayen Obersyl
Prajurit Yonif 133/YS Padang Gugur Diserang KKB di Papua, Jenazah Tiba di Bandara Minangkabau Malam Ini
Balaikota Padang Kini Punya KPN Mart
Balaikota Padang Kini Punya KPN Mart
Pemko Padang menerima dana insentif fiskal kinerja tahun 2023 kategori penghapusan kemiskinan ekstrem dari pemerintah pusat Rp5,3 miliar
Padang Terima Insentif Fiskal Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Rp5,3 M
Padang merupakan salah satu kota di Sumatra Barat yang memiliki beragam objek wisata alam. Mulai dari pantai, pulau-pulau, air terjun
5 Air Terjun Cantik di Padang, Sudah Pernah ke Sana?