Sertijab BI: Ini Profil Wahyu Purnama yang Pimpin BI Sumbar

Sertijab BI: Ini Profil Wahyu Purnama yang Pimpin BI Sumbar

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumbar Wahyu Purnama A. Foto: Hery Sikumbang

Langgam.id – Jabatan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Barat yang dipegang Endy Dwi Tjahjono resmi berakhir dan digantikan Wahyu Purnama A.

Serah terima jabatan dan pelantikan pejabat baru itu dilakukan oleh Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia Mirza Adityaswara.

“Saya berpesan kepada Kepala BI Sumbar yang baru agar terus bekerjasama membantu pemerintah daerah dalam pengendalian inflasi dan mengembangkan ekonomi daerah,” katanya di Padang dalam sertijab di Gedung BI Sumbar, Jumat (29/3/2019).

Mirza mengatakan peran Kepala Perwakilan BI sangat sentral untuk menciptakan inflasi yang terkendali dan situasi ekonomi yang kondusif.

Untuk itu, dia meminta Wahyu Purnama yang memegang estafet kepemimpinan BI Sumbar menjalin kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah. Juga, seluruh stakeholder di daerah untuk memastikan stabilitas ekonomi dan moneter berjalan baik.

Sebelumnya, Wahyu sudah resmi bertugas menjadi kepala BI Sumbar per 1 Maret 2019. Ia dilantik oleh Gubernur BI bersama 17 pejabat lainnya pada 18 Februari lalu di Jakarta.

Sementara itu, Endy yang sudah memimpin BI Sumbar selama 1,5 tahun lebih akan bertugas ke kantor pusat menjadi kepala grup di Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter.

Untuk diketahui Wahtu adalah putra Minang asli asal Solok. Dia lahir di Padang pada 2 Maret 1968, dan menyelesaikan studi hingga sarjana di daerah itu. Tepatnya jebolan Fakultas Ekonomi Universitas Andalas.

“Saya senang bisa dipercaya untuk mengabdi dan berkarya di kampung halaman sendiri. Semoga kerjasama BI dengan semua pihak bisa terjalin dengan baik, dan program yang dicanangkan berjalan sesuai harapan,” katanya.

Wahyu sebelumnya menjabat Kepala Grup di Departemen Regional I Sumatra. Selama berkarir di Bank Indonesia sejak 1994, pria dengan tiga orang putri itu sudah menduduki sejumlah jabatan penting di BI.

Dirinya pernah menjabat sebagai Kepala Perwakilan BI Bengkulu, Kepala Perwakilan BI Gorontalo dan Kepala Perwakilan BI Tasikmalaya. Lalu, Kepala Grup di Departemen Regional I sebelum bertugas sebagai Kepala Perwakilan BI Sumbar.

Sebagai prioritas kerja, dirinya akan meneruskan upaya – upaya pengendalian inflasi yang sudah dilakukan BI bersama pemerintah daerah dan pihak terkait lainnya selama ini.

“Saya akan bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk menjaga inflasi Sumbar menjadi lebih terkendali, dan meneruskan apa yang sudah dilakukan pejabat sebelumnya,” katanya.

Selain itu, dia juga memastikan akan menjaga sistem pembayaran dengan penyediaan uang rupiah yang cukup dan layak di masyarakat, serta juga fokus pengembangan ekonomi syariah dan UMKM yang menjadi andalan Sumbar.

 

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

BI Proyeksikan Ekonomi Sumbar 2023 Tumbuh 4,2 Hingga 5 Persen
BI Proyeksikan Ekonomi Sumbar 2023 Tumbuh 4,2 Hingga 5 Persen
Gubernur BI Tunjuk Endang Kurnia Saputra Jadi Kepala BI Sumbar
Gubernur BI Tunjuk Endang Kurnia Saputra Jadi Kepala BI Sumbar
Sambut Visit Beautiful West Sumatra 2023, BI Sumbar Kembali Gelar Minang CrEFt
Sambut Visit Beautiful West Sumatra 2023, BI Sumbar Kembali Gelar Minang CrEFt
BI Resmikan Pengunaan SIAP QRIS di 3 Pasar di Padang
BI Resmikan Pengunaan SIAP QRIS di 3 Pasar di Padang
Bank Indonesia: Pariwisata Jadi Lokomotif Baru Perekonomian di Sumbar
Bank Indonesia: Pariwisata Jadi Lokomotif Baru Perekonomian di Sumbar
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: BI mencatat, terjadi perlambatan pertumbuhan perekonomian Sumbar selama delapan tahun terakhir.
Data Bank Indonesia: Perekonomian Sumbar Cenderung Melambat 8 Tahun Terakhir