Sepekan Operasi Patuh Singgalang, Polda Sumbar Tilang 6.267 Kendaraan

Sepekan Operasi Patuh Singgalang, Polda Sumbar Tilang 6.267 Kendaraan

Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar Kombes Pol Nurhandono (Foto: Irwanda)

Langgam.id - Sepekan pelaksanaan Operasi Patuh Singgalang 2019, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat (Sumbar) telah melayangkan sebanyak 6.267 surat tilang kepada pengendara. Ribuan surat tilang itu merupakan rangkuman dari seluruh jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) di wilayah Sumbar.

Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Sumbar Kombes Nurhandono mengungkapkan, kendaraan yang mendominasi pelanggaran adalah sepeda motor. Khusus pengendara sepeda motor, pihaknya telah melayangkan 4.699 surat tilang.

“Selain surat tilang, teguran juga kami lakukan. Setidaknya, ada sekitar 1.015  teguran yang diberikan kepada pengendara yang melanggar aturan lalu lintas,” ujar Nurhandono kepada langgam.id, Kamis (5/9/2019).

Selain sepeda motor, kendaraan berpenumpang juga mendominasi pelanggaran lalu lintas. Sedikitnya, pihaknya telah melayangkan 997 surat tilang kepada pengendara berpenumpang.

“527 surat tilang untuk mobil angkutan barang disusul 43 surat tilang kepada pengendara minibus,” katanya.

Terkait kecelakaan lalu lintas (lakalantas) selama Operasi Patuh Singgalang, Polda Sumbar mencatat sebanyak 47 kasus lakalantas. Dari kecelakaan itu, dua orang pengendara meninggal dan empat orang luka berat serta 72 orang luka ringan.

“Pelanggaran paling dominan ditemukan adalah pengendara yang tidak menggunakan helm. Ada juga anak-anak yang mengendarai kendaraan tanpa surat kelengkapan serta tidak menggunakan seatbelt (sabuk pengaman),” jelasnya.

Polda Sumbar belum bisa memastikan adanya grafik kenaikan atau penurunan jumlah pelanggaran tahun ini dari gelaran Operasi Patuh Singgalang tahun sebelumnya. Mengingat operasi masih akan berlangsung hingga satu pekan ke depan.

Seperti diketahui, Operasi Patuh Singgalang telah berlangsung sejak 29 Agustus hingga sampai 11 September mendatang. Operasi ini digelar agar masyarakat dapat berkendara dengan baik sesuai aturan yang berlaku. Baca juga: https://langgam.id/1-000-polisi-siaga-operasi-patuh-singgalang-2019/

"Adapun langkah yang diambil dari Operasi Patuh Singgalang 60 persen penindakan hukum dan 40 persen tindakan preemtif," kata Nurhandono.

Dari tahun sebelumnya, ia menargetkan untuk evaluasi selama pelaksanaan Operasi Patuh Singgalang dapat menurunkan angka
kecelakaan dan menimalisir pelanggaran lalu lintas.

"Yang jelas dalam kegiatan semakin kedepan semakin kami targetkan menurun. Tentunya operasi ini untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (kamseltibcar) lalu lintas," pungkasnya. (Irwanda/RC)

Baca Juga

Kecelakaan Tunggal di Malalak, Kapolda Sumbar Minta Sopir Bus ALS Serahkan Diri
Kecelakaan Tunggal di Malalak, Kapolda Sumbar Minta Sopir Bus ALS Serahkan Diri
Polda Sumbar mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan balik agar selalu taat aturan lalu lintas. Hal ini demi mencegah
Ini Imbauan Polda Sumbar Bagi Masyarakat yang Melakukan Perjalanan Arus Balik
Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar mengeluarkan Surat Edaran Nomor 400/1140 /Kesra/XII-2023 tentang Pergantian Tahun Baru Masehi di
Mudik Lebaran Lancar, Polda Sumbar Siagakan Personel di Objek Wisata
Polda Sumbar menekankan pentingnya waspada meninggalkan rumah sebelum mudik, sebagai langkah preventif untuk mencegah tindakan kriminal
Tinggalkan Rumah saat Mudik Lebaran, Ini Langkah Preventif yang Bisa Dilakukan
2.545 Personel Dikerahkan Amankan Mudik Lebaran di Sumbar
2.545 Personel Dikerahkan Amankan Mudik Lebaran di Sumbar
Berita Tanah Datar - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Satu unit truk tersangkut di jembatan rel kereta api di kawasan Lembah Anai.
Polda Sumbar Batasi Angkutan Barang Sumbu Tiga pada 5-15 April 2024