Seorang Petugas Balai Benih Ikan Meninggal Akibat Tenggelam di Pessel

Seorang petugas Balai Benih Ikan Provinsi Sumbar wilayah Sungai Nipah meninggal dunia akibat tenggelam di Pantai Sungai Nipah,

Petugas BPBD Pessel berupaya melakukan evakuasi terhadap korban tenggelam di Pantai Sungai Nipah. [foto: BPBD Pessel]

Langgam.id - Seorang petugas Balai Benih Ikan Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) wilayah Sungai Nipah meninggal dunia akibat tenggelam di Pantai Sungai Nipah, Kecamatan Pantai IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar, pada Kamis (11/5/2023) pagi.

Kejadian naas tersebut terjadi pada pukul 10.00 WIB. Kepala Badan Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Pesisir Selatan, Doni Gusrizal membenarkan insiden naas tersebut yang memakan korban.

Menurutnya, kejadian itu murni kecelakaan. Doni mengungkapkan kejadian itu berawal dari dua petugas yang sedang bekerja memberikan makan ikan di keramba mengunakan perahu kecil yang berjarak sekitar 200 meter dari bibir pantai.

Saat itu, katanya, kedua petugas sudah mengikat perahu yang ia pakai untuk ke lokasi keramba. Namun terangnya, ikatan di perahu itu lepas yang membuat dua petugas tersebut mengejar perahunya yang semakin menjauh pergi.

"Setelah perahu yang diikat dekat keramba lepas, kedua petugas mengejar perahunya dengan berenang. Tapi perahu semakin menjauh yang mengakibatkan satu orang meninggal dan satu lagi selamat berkat dibantu nelayan yang kebetulan lewat di sana," katanya saat dihubungi langgam.id, Kamis, (11/5/2023).

Lebih lanjut, Doni menjelaskan, korban sendiri bernama Darma Putra Utama yang berasal dari Kasang Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman.

Ia menambahkan, bahwa saat evakuasi korban, BPBD dibantu oleh tim gabungan yang berasal dari Polri, pihak Kenagarian Pessel dan masyarakat sekitar.

Ia menghimbau masyarakat untuk berhati-hati ke depan. Menurutnya cuaca di Sumbar sampai Juni masi ekstrem.

"Untuk masyarakat tentu kita harapkan lebih waspada lagi dan melihat situasi aman saat melaut. Karena diperkirakan kedepan cuaca masih agak ekstrem," ujarnya. (yki)

Baca Juga

KKN di Nagari Siguntur Pessel, Mahasiswa Unand Diminta Bantu Atasi Stunting
KKN di Nagari Siguntur Pessel, Mahasiswa Unand Diminta Bantu Atasi Stunting
Paskibraka Pesisir Selatan Akan Gunakan Sepatu Lokal Katidiang pada HUT RI 2024
Paskibraka Pesisir Selatan Akan Gunakan Sepatu Lokal Katidiang pada HUT RI 2024
Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Pesisir Selatan Tanam 100 Batang Pisang di Pekarangan Kantor
Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Pesisir Selatan Tanam 100 Batang Pisang di Pekarangan Kantor
Sebanyak 122 wali nagari di Pesisir Selatan diperpanjang masa jabatannya menjadi 8 tahun. Pengukuhan ke-122 wali Bupati Pesisir Selatan,
122 Wali Nagari di Pesisir Selatan Diperpanjang Masa Jabatannya Jadi 8 Tahun
Wilayah Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar) diguncang gempa dengan magnitudo 4,7 pada Jumat (14/6/2024) pukul 12.39 WIB.
Gempa M 4,7 Guncang Pessel, BMKG: Akibat Adanya Aktivitas Sesar Lokal
Gempa bumi berkekuatan (magnitudo) 4,7 mengguncang Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat pada Jumat (14/6/2024) pukul 12.39 WIB.
Gempa M 4,7 Mengguncang Pesisir Selatan Jumat Siang