Seorang Pendaki Jatuh di Gunung Marapi, Tim Gabungan Sedang Evakuasi

Pendaki diminta waspada saat mendaki gunung merapi

Gunung Marapi saat ini. (Foto: vsi.esdm.go.id)

Langgam.id - Seorang pendaki bernama Alvian terpeleset dan jatuh saat mendaki Gunung Marapi yang terletak di kawasan administrasi Kabupaten Tanah Datar dan Agam, Sumatera Barat. Kabar adanya pendaki yang jatuh ini diterima petugas pada Kamis (4/7/2019) pukul 10.00 WIB.

Diketahui adanya pendaki jatuh ini diterima setelah orang tua korban melaporkan peristiwa tersebut. Hingga menjelang malam ini, tim gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Datar, PMI, hingga Kantor Pertolongan dan Pencarian (Basarnas) sedang menuju titik lokasi korban jatuh.

Kasi Kedaruratan BPBD Tanah Datar Robert Cahneldi mengatakan titik lokasi korban terjatuh berada di area cadas yang merupakan tebing berbatuan menjelang ke puncak Gunung Marapi. Di area itu cukup tebing cukup terjal dengan kemiringan ekstrem.

"Dari hutan ke puncak melewati cadas, pendaki ini jatuh di situ. Memang di kawasan itu banyak berbatuan runcing-runcing dan memang beberapa kali pendaki jatuh di sana karena medan dan elevasinya tinggi," kata Robert, saat dihubungi langgam.id.

Robert mengungkapkan saat korban jatuh, diselamatkan oleh pendaki lainnya. Namun korban mengalami luka di bagian kaki sehingga tidak dapat melanjutkan pendakian yang kemudian dievakuasi ke bawah.

"PMI, BPBD, Basarnas sedang tim gabungan lainya sedang berupaya mengevakuasi korban ke bawah. Informasi terakhir tim sudah menuju ke bawah membawa korban dan berada di pintu angin. Belum tahu kapan akan sampai namun kemungkinan besok pagi," kata dia.

Ia mengatakan, korban mendaki Gunung Marapi sejak Rabu (3/7/2019). Namun karena insiden ini korban tidak mampu mencapai puncak Gunung Marapi dan harus dievakuasi.

"Berapa rombongan korban saat mendaki ini saya belum mendapat informasi. Namun jelas kami mengetahui korban mengalami insiden sehingga harus dievakuasi untuk diberikan pertolongan," pungkasnya. (Irwanda/HM)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Kawasan Konservasi Nandang Priadi mengatakan, sistem pendakian booking online yang diterapkan di TWA
Sistem Pendakian Booking Online di TWA Gunung Marapi Jadi yang Pertama di Indonesia
BKSDA Sumbar kembali membuka pendakian ke Taman Wisata Aalam (TWA) Gunung Marapi. Kali ini pendaki bisa melakukan pendakian
Pendakian Kembali Dibuka Hari Ini, Begini Tata Cara Booking Online TWA Gunung Marapi
BKSDA Sumbar kembali membuka pendakian ke Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Marapi pada 24 Juli 2023. kali ini pendaki bisa melakukan pendakian
Dibuka Kembali 24 Juli, Berikut Biaya Tiket PNBP dan SOP Pendakian TWA Gunung Marapi
Pendakian ke TWA Gunung Marapi kembali dibuka pada 24 Juli 2023. Informasi ini diketahui dari postingan BKSDA Sumbar di akun Instagramnya
Pendakian TWA Gunung Marapi Dibuka Kembali 24 Juli, Pendaki Harus Booking Online
Langgam.id - BKSDA Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) memutuskan menutup semua obyek daya tarik wisata alam yang ada di wilayahnya.
Aktivitas Vulkanik Gunung Marapi Mulai Menurun, Sudah Erupsi 229 Kali
Erupsi Gunung Marapi, BKSDA Sumbar Pantau Pergerakan Satwa
Dampak Erupsi Gunung Marapi, Warga di Lereng Marapi Mulai Cium Bau Belerang