Sempat Buka Tutup Dampak Longsor, Jalur Malalak Kini Kembali Normal

Ruas jalan Malalak akhirnya sudah bisa kembali dilalui secara normal pada Selasa siang (14/5/2024) usai dilanda longsor beberapa

Jalur Malalak kembali normal usai longsor pada Sabtu (11/5/2024). [foto: Humas Sumbar]

Langgam.id - Ruas jalan Malalak akhirnya sudah bisa kembali dilalui secara normal pada Selasa siang (14/5/2024) usai dilanda longsor beberapa hari yang lalu.

Kepala Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang (BMCKTR) Sumbar, Era Sukma Munaf mengatakan bahwa pengerjaan pembersihan material longsor di ruas jalan tersebut sudah tuntas.

"Kemarin proses pembersihan material masih berlangsung, sehingga skema buka tutup diberlakukan. Sekarang sudah tuntas dan sudah normal," ujar Era Sukma dilansir dari akun Instragram Humas Sumbar, Selasa (14/5/2024).

Diketahui sebelumnya, jalur Malalak ini terkena longsor sehingga arus lalu lintas sempat terputus pada Sabtu (11/5/2024) lalu. Mengingat jalur ini merupakan alternatif utama pengganti jalan Padang-Bukittinggi yang amblas di kawasan Lembah Anai, maka pengerjaannya dikebut.

"Kemarin sudah bisa dilalui, tapi masih buka tutup. Sebab fokus kita yang penting bisa terbuka dan dilalui," bebernya.

Era Sukma mengungkapkan bahwa selain via Malalak, jalur Padang-Bukittinggi bisa juga melewati Solok. Akan tetapi harus memutar, sehingga secara jarak dan waktu tempuh menjadi lebih lama.

Terkait jalur Malalak terang Era Sukma, pihaknya sudah meminta dukungan ke Pemadam Kebakaran Agam untuk melakukan penyiraman agar sisa material longsor di badan jalan tidak menyebabkan jalan lincin.

Ia pun mengingatkan kepada seluruh pengendara untuk tetap waspada ketika melewati jalur Malalak ini. Hal tersebut karena potensi hujan di kawasan itu masih tinggi.

"Sebagai langkah antisipasi, kita akan tetap mensiagakan alat berat untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu longsor kembali terjadi," tutur Era Sukma. (*/yki)

Baca Juga

Pemprov Sumbar Pastikan Pembersihan Material Longsor di Malalak Tuntas, Lalu Lintas Kembali Normal
Pemprov Sumbar Pastikan Pembersihan Material Longsor di Malalak Tuntas, Lalu Lintas Kembali Normal
Kondisi jalan parah Nagari Sariak Sungai abu
Jalan Penghubung Talang Bungo Sariak Sungai Abu Makin Parah, Apa Solusi Pemerintah?
Longsor di Sitinjau Lauik: Ada Pengendara Terhempas Longsor ke Jurang
Longsor di Sitinjau Lauik: Ada Pengendara Terhempas Longsor ke Jurang, Lalu Lintas Padang - Solok Masih Lumpuh
Jalan Sitinjau Lauik yang menghubungkan Padang - Solok hingga Pulau Jawa, sudah bisa dilalui sekitar pukul 20.30 WIB, Selasa (7/5/2024).
Sempat Lumpuh Total Akibat Longsor, Jalur Sitinjau Lauik Sudah Bisa Dilewati
Musibah longsor terjadi di jalur Padang-Solok, tepatnya di bawah Tugu Bingkuang pada Selasa (7/5/2024) sekitar pukul 13.30 WIB.
Akses Jalan Padang-Solok Lumpuh Total Akibat Longsor, 1 Mobil Terseret Material
Bupati Pesisir Selatan Berikan Diskon 50% Tagihan Air Bagi Korban Bencana Banjir dan Tanah Longsor
Bupati Pesisir Selatan Berikan Diskon 50% Tagihan Air Bagi Korban Bencana Banjir dan Tanah Longsor