Seminggu Periode Nataru, KAI Divre Sumbar Layani 42.927 Penumpang

Seminggu Periode Nataru, KAI Divre Sumbar Layani 42.927 Penumpang

Petugas melayani penumpang di Stasiun KA Simpang Haru Padang. (Foto: Dok. Humas KAI Divre II Sumbar)

Langgam.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat mencatat hingga seminggu masa Angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, tanggal 19 sampai dengan 25 Desember 2024, terdapat 42.927 penumpang.

Atau rata-rata 6.132 penumpang per hari, meningkat 23 persen dibanding rata-rata harian penumpang pada bulan November 2024 sebanyak 4.995 penumpang per hari.

”Rincian jumlah penumpang selama 7 hari masa Nataru ini yaitu KA Pariaman Ekspres relasi Pauhlima/Padang – Stasiun Naras pp sebanyak 31.568 penumpang, KA Minangkabau Ekspres relasi Stasiun Bandara Internasional Minangkabau (BIM) – Stasiun Pulau Air pp sebanyak 8.470 penumpang, dan KA Lembah Anai relasi Stasiun BIM/Duku - Stasiun Kayu Tanam pp sebanyak 2.889 penumpang,” kata Kahumas KAI Divisi Regional II Sumatera Barat, M. As’ad Habibuddin, Kamis (26/12/2024).

Stasiun Padang masih menjadi favorit untuk stasiun keberangkatan ataupun stasiun tujuan dengan jumlah penumpang sebanyak 23.387 penumpang. Disusul oleh Stasiun Pariaman sebanyak 18.171 penumpang, Stasiun Air Tawar sebanyak 7.393 penumpang, Stasiun BIM sebanyak 6.420 penumpang, dan Stasiun Duku sebanyak 5.172 penumpang.

Dari sisi ketepatan waktu, untuk keberangkatan kereta api penumpang pada periode 19 sampai dengan 25 Desember 2024, mencapai 100 persen, atau tepat sesuai jadwal yang ditetapkan. Adapun untuk ketepatan waktu kedatangan juga mencapai 100 persen.

KAI menetapkan masa libur Nataru tahun ini yaitu selama 18 hari, sejak 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.

Adapun Rabu (25/12) merupakan puncak arus penumpang pada Nataru ini dengan jumlah sebanyak 6.992 penumpang. KAI Divre II Sumbar memprediksi arus puncak juga akan terjadi pada Minggu (29/12).

”Masyarakat dapat menikmati libur Nataru menggunakan angkutan kereta api untuk berwisata, urusan bisnis, ataupun keperluan lainnya. KAI berkomitmen untuk mengantarkan pelanggan dengan selamat, aman, nyaman, dan tepat waktu,” kata As’ad.

As’ad melanjutkan, pihaknya menyarankan kepada calon pelanggan untuk merencanakan perjalanan dan melakukan pemesanan melalui aplikasi Access by KAI, mengingat tiket yang terbatas. Pembelian tiket melalui aplikasi Access by KAI dapat dilakukan sejak H-7 keberangkatan.

”Sehingga calon pelanggan yang memiliki rencana menggunakan KA dapat jauh-jauh hari membeli tiket tanpa takut kehabisan tiket. KAI juga masih menyediakan loket untuk penjualan tiket yang dibuka 3 jam sebelum keberangkatan KA, selama tiket masih tersedia,” kata As’ad.

KAI mengimbau kepada pelanggan untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan bersama saat menggunakan transportasi kereta api. Perhatikan juga barang bawaannya, jangan sampai membawa barang-barang yang dilarang dibawa di atas KA seperti barang berbau menyengat atau barang yang berbahaya. (*/Fs)

Baca Juga

Inovasi Layanan Nataru, KAI Divre Sumbar Hadirkan Live Musik dan Bagikan Suvenir ke Pelanggan
Inovasi Layanan Nataru, KAI Divre Sumbar Hadirkan Live Musik dan Bagikan Suvenir ke Pelanggan
4 Hari Periode Nataru, KAI Sumbar Layani 23.208 Penumpang
4 Hari Periode Nataru, KAI Sumbar Layani 23.208 Penumpang
KAI Divre Sumbar Gelar Apel Pasukan Pastikan Layanan Aman dan Nyaman Selama Nataru
KAI Divre Sumbar Gelar Apel Pasukan Pastikan Layanan Aman dan Nyaman Selama Nataru
Tingkatkan Layanan Nataru, KAI Divre Sumbar Operasikan Stasiun Kampung Jua
Tingkatkan Layanan Nataru, KAI Divre Sumbar Operasikan Stasiun Kampung Jua
Hari Pertama Nataru, KAI Divre Sumbar Layani 5.257 Penumpang
Hari Pertama Nataru, KAI Divre Sumbar Layani 5.257 Penumpang
Libur Nataru, KAI Divre Sumbar Prediksi Volume Penumpang Naik 3 Persen
Libur Nataru, KAI Divre Sumbar Prediksi Volume Penumpang Naik 3 Persen