Selama Libur Lebaran, Volume Sampah di Padang Naik 10 Persen

ILUSTRASI SAMPAH

Ilustrasi Sampah (Foto: Pixabay)

Langgam.id - Pemerintah Kota Padang mencatat volume sampah di daerah itu ikut naik selama libur panjanh Lebaran tahun ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, Mairizon mengatakan konsumsi masyarakat meningkat signifikan, sehingga berkontribusi pula meningkatkan produksi sampah.

"Saat Lebaran konsumsi masyarakat meningkat. Sehingga sampah yang dihasilkan juga meningkat," ungkapnya.

Kenaikan volume sampah saat Lebaran terbilang signifikan mencapai 10 persen.

"Jumlah sampah terbesar berasal dari sampah rumah tangga, kemudian sampah yang dihasilkan pedagang, salah satunya sampah kelapa muda," ungkap Mairizon.

Diakui Kepala DLH itu, tingginya volume sampah membuat petugas kebersihan bekerja ekstra agar tidak terjadi penumpukan sampah di TPS. Dirinya berharap, masyarakat untuk dapat mengelola sampah sehingga mampu menekan volume sampah agar tidak menumpuk.

Selain itu, Mairizon juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan agar Kota Padang tetap bersih dan indah.

--

Dapatkan update berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang menyediakan TPS Mobile yang bertujuan memudahkan masyarakat untuk membuang sampah di pagi hari.
Siap Tampung Sampah Warga, DLH Padang Sediakan TPS Mobile
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, Fadelan Frista Masta mengatakan, bahwa pihaknya akan memberlakukan tipiring
Mulai 8 Juli, Pemko Padang Bakal Tipiringkan Pelaku Pembuang Sampah Sembarangan
DLH mencatat, saat ini ada sebanyak 14.362 pohon pelindung di Kota Padang. Pohon pelindung tersebut rutin dilakukan perawatan dan pemangkasan
Sepanjang 2024, DLH Padang Lakukan Perawatan dan Pemangkasan 800 Pohon Pelindung
Produksi Sampah Warga Padang Capai 640 Ton Sehari
Padang Timur Targetkan 89 Bank Sampah di Setiap RW
Langgam.id - Pemeintah Kota (Pemko) Padang terus berupaya mengurangi sampah plastik, terutama di lingkungan kerja.
Agam Canangkan Project 1 Nagari 1 Pengolahan Sampah
Penjabat (Pj) Kota Padang Andree Algamar bakal menyusun perencanaan pengelolaan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Teknologi RDF (TPST-RDF).
Pemko Padang Rencanakan Pengelolaan TPST untuk Atasi Permasalahan Sampah