Selama Idul Adha, 620 Hewan Kurban Disembelih di Padang Panjang

Kepala Dinas Pertanian Pesisisr Selatan, Madrianto mengatakan, bahwa pihaknya saat ini menurunkan sebanyak 21 petugas kesehatan hewan

Pesisir Selatan merupakan salah satu daerah yang jadi pemasok hewan kurban ke daerah lainnya di Sumbar. [foto: .pesisirselatankab.go.id]

Langgam.id -- Sebanyak 620 hewan kurban disembelih saat Hari Raya Iduladha 1445 H di Kota Padang Panjang.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Padang Panjanh, Ade Nafrita Anas mengatakan sebanyak 620 hewan kurban yang terdiri dari 597 ekor sapi dan 23 ekor kambing tersebar di 16 kelurahan di Kota Padang Panjang.

"Ada yang melaksanakan pemotongan hari Senin dan ada beberapa tempat lagi, Selasa (18/6/2024)," katanya dikutip dari Diskominfo setempat.

Sebelumnya hewan-hewan kurban tersebut sudah dilakukan pemeriksaan ke beberapa kandang sapi yang ada di Kota Padang Panjang. Seperti pemeriksaan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Lumpy Skin Disease (LSD) dan pemeriksaan lainnya.

"Untuk tahun ini tidak ada pemotongan sapi yang betina. Namun ada satu ekor kambing betina, tetapi ini memang tidak bereproduksi lagi," ujarnya.

Ia juga menyampaikan banyak sapi yang datang dari luar Padang Panjang saat hari H pemotongan. Namun tim turun ke tempat pemotongan untuk melakukan pemeriksaan sebelum dan sesudah hewan disembelih. (*/Fs)

Baca Juga

Investasi Sejak Dini
Beri Kemudahan, Pemko Padang Panjang Targetkan Investasi Baru Rp35 Miliar
Pasokan Meningkat, Harga Cabai dan Komoditas Lainnya di Padang Panjang Turun Drastis
Pasokan Meningkat, Harga Cabai dan Komoditas Lainnya di Padang Panjang Turun Drastis
Empat siswa SMA Negeri 1 Padang Panjang berhasil lolos Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Sumbar dan melaju ke tingkat nasional.
4 Siswa SMAN 1 Padang Panjang Lolos ke OSN Tingkat Nasional
Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri pada Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Saiful Mujab mengatakan, bahwa pihaknya terus
Jemaah Haji Asal Padang Panjang Meninggal Dunia di Tanah Suci
Sampai Mei, Sebanyak 98 Kasus TB Ditemukan di Padang Panjang
Sampai Mei, Sebanyak 98 Kasus TB Ditemukan di Padang Panjang
Salat Idul Adha di Padang Panjang Bakal Digelar di Lapangan Bancalaweh
Salat Idul Adha di Padang Panjang Bakal Digelar di Lapangan Bancalaweh