Selama 2024, KAI Sumbar Layani 1,8 Juta Penumpang

Selama 2024, KAI Sumbar Layani 1,8 Juta Penumpang

Penumpang tampak ramai di Stasiun KA Simpang Haru, Padang. (Foto: Dok. Humas KAI)

Langgam.id - Selama tahun 2024, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat melayani 1.816.259 penumpang, atau meningkat 6 persen dibanding periode 2023 yaitu sebanyak 1.714.859 penumpang. Rata-rata harian pada tahun 2024 yaitu 4.962 penumpang per hari. Adapun rata-rata harian pada 2023 yaitu 4.698 penumpang per hari.

Rincian volume penumpang pada tahun 2024 yaitu KA Pariaman Ekspres relasi Pauhlima/Padang – Naras pp sebanyak 1.406.397 penumpang, KA Minangkabau Ekspres relasi Bandara Internasional Minangkabau (BIM) – Pulau Air pp sebanyak 291.561 penumpang, dan KA Lembah Anai relasi BIM/Duku – Kayu Tanam pp sebanyak 118.301 penumpang.

Kepala KAI Divre II Sumbar M. Tri Setyawan mengungkapkan, peningkatan volume penumpang tersebut ditunjang oleh berbagai faktor, salah satunya adanya sejumlah rombongan eduwisata anak-anak sekolah. Di samping itu, minat masyarakat menggunakan kereta api juga semakin meningkat karena kereta api menawarkan kenyamanan dengan harga yang murah.

“Kami sampaikan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaannya dalam menggunakan layanan kereta api. KAI Divre II Sumatera Barat berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, keselamatan, dan kenyamanan perjalanan,” kata M. Tri Setyawan, Kamis (9/1/2025).

Puncak volume penumpang terjadi di bulan April 2024, bertepatan dengan masa Angkutan Lebaran, dengan rata-rata harian mencapai 5.858 penumpang per hari. Adapun puncak kedua yaitu pada bulan Desember 2024, dengan rata-rata harian mencapai 5.720 penumpang per hari.

Adapun 5 stasiun favorit yang paling banyak melayani penumpang untuk naik-turun KA pada 2024 yaitu Stasiun Padang 946.801 penumpang, Stasiun Pariaman 710.808 penumpang, Stasiun Air Tawar 275.048 penumpang, Stasiun Naras 198.252 penumpang, dan Stasiun BIM 197.507 penumpang.

Dari sisi ketepatan waktu keberangkatan ataupun kedatangan kereta api penumpang di Divre II Sumbar, juga mengalami peningkatan performa. Dalam kurun tahun 2024, tingkat ketepatan waktu keberangkatan kereta api penumpang mencapai 99,84%, meningkat dibanding tahun 2023 yakni 99,51%.

Adapun tingkat ketepatan waktu kedatangan kereta api penumpang pada tahun 2024 mencapai 99,41%, meningkat dibanding tahun 2023 yakni 99,19%.

Perbaikan performa ketepatan waktu kereta api ini diraih melalui peningkatan mutu kinerja operasional secara keseluruhan termasuk perawatan sarana dan prasarana. Ketepatan waktu merupakan salah satu keunggulan dari transportasi kereta api yang bebas macet, sehingga diminati oleh masyarakat.

"KAI akan terus melakukan perbaikan-perbaikan di seluruh lini guna meningkatkan pelayanan bagi pelanggan serta keselamatan perjalanan kereta api. Dengan upaya peningkatan kualitas secara kontinyu ini, kami berharap kereta api dapat menjadi pilihan utama masyarakat dalam melakukan perjalanan," tutup M. Tri Setyawan. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

Selama Nataru, KAI Divre Sumbar Layani 118.898 Penumpang
Selama Nataru, KAI Divre Sumbar Layani 118.898 Penumpang
Hari Terakhir Masa Nataru, 4.174 Tiket KA Masih Tersedia di KAI Sumbar
Hari Terakhir Masa Nataru, 4.174 Tiket KA Masih Tersedia di KAI Sumbar
Liburan Nyaman dan Sehat, KAI Sumbar Sediakan Pos Kesehatan Gratis bagi Penumpang
Liburan Nyaman dan Sehat, KAI Sumbar Sediakan Pos Kesehatan Gratis bagi Penumpang
10 Hari Periode Nataru, KAI Sumbar Layani 64.194 Penumpang
10 Hari Periode Nataru, KAI Sumbar Layani 64.194 Penumpang
KAI Sumbar Pastikan Liburan Nataru Bebas Cemas dengan Layanan Lost and Found
KAI Sumbar Pastikan Liburan Nataru Bebas Cemas dengan Layanan Lost and Found
Tingkatkan Layanan Saat Libur Nataru, Stasiun KA dan BIM Dilengkapi Shuttle Bus
Tingkatkan Layanan Saat Libur Nataru, Stasiun KA dan BIM Dilengkapi Shuttle Bus