Sejumlah Tokoh Isyaratkan Maju Pilkada Padang, Ini Kata Pengamat Politik

Sejumlah Tokoh Isyaratkan Maju Pilkada Padang, Ini Kata Pengamat Politik

Ilustrasi Pilkada. [Foto: Ridho/Langgam.id]

Langgam.id - Pilkada serentak 2024 di Kota Padang mulai terasa dengan sejumlah tokoh mengisyaratkan siap maju memimpin Ibukota Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) lima tahun ke depan. Salah satunya seperti Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar.

Erman mengklaim mendapatkan dukungan ulama hingga rekan politik di Partai Gerindra. Namun keputusan apakah dirinya maju menjadi Wali Kota Padang belum diputuskan pasti.

Pengamat Politik Universitas Andalas Asrinaldi menyebutkan, Pilkada Padang memiliki daya tarik tersendiri. Hal ini sehingga banyak pihak yang menginginkan maju sebagai calon pemimpin.

"Banyaknya keinginan kepala daerah atau mantan kepala daerah menggambarkan Kota Padang punya daya tarik tersendiri dipimpin banyak orang. Artinya banyak pihak yang merasa bahwa mereka mampu di Padang," kata Asrinaldi saat dihubungi Langgam.id, Kamis (6/10/2022).

Menurutnya, semakin banyak alternatif calon pemimpin di Kota Padang akan semakin baik. Sehingga masyarakat memiliki pilihan.

"Masyarakat memiliki pilihan mana yang terbaik untuk menjadikan Kota Padang lebih baik. Karena penyelanggaraan pemerintah itu bagaimana pelayanan publik, kualitas penyelenggaraan pemerintahan dimulai pelayanan publik dan pembangunan terlaksanakan," katanya.

Sisi lain, banyaknya calon yang berniat maju di Padang, bisa saja karena menilai pelayanan publik masih kurang maksimal. Atau, hematnya, mereka menilai pembangunannya kurang maksimal.

"Sehingga mendorong banyak orang (maju), termasuk Erman Safar," tutur Asrinaldi.

Banyaknya tokoh yang ingin maju di Pilkada Padang, kata Asrinaldi, menunjukkan bahwa petahana yakni Hendri Septa sebagai Wali Kota Padang tidak begitu memiliki kekuatan.

"Petahana menurut saya melihat kondisi hari ini, bisa digambarkan dengan banyaknya maju pihak seperti Erman Safar, Fadly Amran juga keinginan, Syafrial Kani, itu membuktikan bahwa mereka sanggup untuk menantang petahana. Jadi mereka menganggap petahana tidak kuat-kuat amat," katanya.

Asrinaldi mengungkapkan, para calon penantang petahana tentu telah memperhitungkan. Mereka menilai bahwa petahana bisa dikalahkan.

Baca Juga: Wako Bukittinggi Klaim Didukung Ulama dan Partai Maju di Pilkada Padang 2024

"Karena indikator kita lihat banyak sekali ya, kalau orang melihat Padang ini bagaimana, tentu kita pahamilah apakah fungsi penyelanggaraan pemerintahan atau tidak," tuturnya.

---

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Langgam.id-Terminal Anak Air
Terminal Tipe A Anak Air Bakal Dioptimalkan, Bus AKDP dan Angkot Wajib Masuk Terminal
Bulog Sumbar Siapkan 22 Ribu Ton Beras di Tengah Mahalnya Harga Pangan
Bulog Sumbar Siapkan 22 Ribu Ton Beras di Tengah Mahalnya Harga Pangan
Hujan Lebat Rusak Empat Titik Ruas Jalan di Simarasok Agam
Hujan Lebat Rusak Empat Titik Ruas Jalan di Simarasok Agam
Masa siaga darurat penanganan dampak erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam diperpanjang hingga 25 Februari mendatang.
Siaga Darurat Gunung Marapi Diperpanjang Kembali
Muhammad Husni Sabil (28), yang menjadi korban TPPO di Myanmar akhirnya dapat dipulangkan ke tanah air. Sabil sendiri adalah warga Sijunjung,
Pemprov Sumbar Beri Pendampingan Psikologis dan Hukum pada Korban TPPO Asal Sumbar di Jakarta
Ilustrasi kekerasan seksual
Seorang Gadis Asal Sumbar Berhasil Lolos dari Perdagangan Manusia di Jakarta