Segera Jadi WNI, Yu Hyun Koo: Semoga Pensiun di Semen Padang FC

Yu Hyun Koo Urus Proses Naturalisasi untuk Semen Padang

Yu Hyun Koo saat menjalani sesi latihan di lapangan Indarung (Foto: Rahmadi)

Langgam.id - Semen Padang FC merekrut kembali mantan pemainnya, Yu Hyun Koo pada transfer jelang putaran ke 2 Liga 1 2019. Dia resmi dikontrak untuk memperkuat skuad Kabau Sirah sejak Sabtu (31/8/2019).

Ketika ditemui usai latihan di Lapangan Mess Indarung, Rabu (5/9/2019), Yu mengatakan, dirinya memilih kembali ke Semen Padang karena sudah pernah dan lama bergabung di tim Kabau Sirah. Dia bergabung pada musim 2010 sampai 2015.

“Dari pertama, hidup saya di sini dengan sepakbola. Saya di Semen Padang, dulu saya 5 tahun di sini,” katanya. (Baca: Resmi Dikontrak, 2 Pemain Baru Semen Padang FC akan Hadapi Barito Putera)

Pemain asal Korea Selatan itu mengaku selalu menonton sepanjang pertandingan yang dijalani Semen Padang di Liga 1. Ia juga memahami bagaimana situasi sulit yang dihadapi Kabau Sirah saat ini. Dia ingin membantu tim bangkit dan harapannyar tim bisa lebih baik lagi.

“Dari dulu, saya ingin balik ke Semen Padang, tetapi baru sekarang timingnya pas. Selain itu, manajemen juga mengajak saya kembali ke sini. Saya juga sering memikirkan Semen Padang sehingga saya putuskan kembali ke sini,” katanya. (Baca: Bursa Transfer SPFC: Sore Ini Yu Hyun Koo Mendarat di Padang)

Menurutnya, setelah kembali ke Mess Indarung, suasana telah berbeda. Banyak pemain-pemain baru saat ini di tim Kabau Sirah. Namun hal itu bukan masalah. Menurutnya, perbedaan karakter di antara pemain bisa dimanfaatkan dengan kekompakan dan bisa meraih hasil yang baik.

“Saya pergi sudah lama, semua pemain sudah beda, tapi tidak masalah. Kita harus keluar dari degradasi dan naik di klasemen,” katanya.

Selain itu, pemain berusia 36 tahun itu juga mengungkapkan rencananya untuk bisa menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Saat ini katanya manajemen juga akan membantu untuk pengurusan naturalisasi dirinya.

“Mudah-mudahan cepat selesainya. Saya sudah 10 tahun di sini, dan keluarga saya juga mau tinggal di Indonesia,” katanya.

Ke depan, pemain asing yang sudah lancar berbahasa Indonesia ini juga ingin pensiun bermain di Semen Padang. Setelah pensiun dia juga ingin tetap berkarir di Indonesia dan dunia sepakbola.

“Mudah-mudahan bisa pensiun di sini (Semen Padang FC). Setelah pensiun, saya ingin melanjutkan di sini juga, mudah-mudahan saya bisa bantu tim-tim di Indonesia,” ujarnya.

Yu mengakui, kekuatan fisiknya tidak sebaik 5 tahun lalu saat bersama Semen Padang. Hal tersebut karena faktor umurnya kini telah menginjak angka 36 tahun. Sebuah umur yang cukup tua untuk pemain sepakbola.

Namun, ia mengaku masih bisa bermain dan tidak takut untuk bersaing dengan pemain lainnya. (Baca juga: Penampilan Mengesankan Yu Hyun Koo di Laga Perdana Setelah Kembali)

Saat ditanyakan berapa lama lagi akan menjadi pemain bola, Yu tidak dapat memastikan. “Saya rasa masih bisa beberapa tahun lagi. Kalau saya tidak mampu lagi, saya akan pensiunkan diri sendiri. Saya juga tidak malu di lapangan. Kalau sudah di lapangan, saya akan 100 persen bermain sampai selesai,” katanya.

Terkait rencana jadi WNI, ia juga akan membangun rumah di Indonesia. Dia akan tinggal bersama anak dan istrinya. Selain itu, sebagai bukti ingin menjadi orang Indonesia, ia mengaku sudah hafal lagu kebangsaan Indonesia Raya. “Sudah hapal, anak saya juga sudah hapal itu," tuturnya. Rahmadi/RC)

 

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Semen Padang berhasil mengalahkan tuan rumah PSMS Medan di Stadion Baharoeddin Siregar Lubuk Pakam, Deli Serdang, Sumatra Utara (Sumut),
Sukses Kalahkan PSMS Medan, Semen Padang FC Terima Bonus Rp120 Juta dari Andre Rosiade
Kabau Sirah Melaju ke 12 Besar, Andre Rosiade Gelontorkan Bonus Rp.100 Juta
Kabau Sirah Melaju ke 12 Besar, Andre Rosiade Gelontorkan Bonus Rp.100 Juta
Selebrasi pemain Semen Padang FC Arsyad Yusgiantoro
Taklukkan Sriwijaya 3-0, Semen Padang FC Pastikan Tiket 12 Besar Liga 2 2023
Kabau Sirah dan Askar Bertuah Saling Berbagi Angka
Kabau Sirah dan Askar Bertuah Saling Berbagi Angka
Mengenal Afdal Yusra, Legenda SPFC yang Berkarir di Semen Padang
Mengenal Afdal Yusra, Legenda SPFC yang Berkarir di Semen Padang
Semen Padang FC berhasil mengalahkan tuan rumah PSDS Deli Serdang dalam pertandingan pertama putaran kedua Liga 2, Sabtu (4/11/202)
Semen Padang FC Tumbangkan PSDS, Kenneth Ngwoke Cetak Hattrick