Penampilan Mengesankan Yu Hyun Koo di Laga Perdana Setelah Kembali

Naturalisasi Yu Hyun Koo

Yu Hyun Koo (Foto: Dok. IG. @yuhyunkoo9)

Langgam.id- Semen Padang FC merekrut kembali mantan pemainnya Yu Hyun Ko pada transfer jelang putaran ke 2 Liga 1 2019. Dia resmi dikontrak di kantor Semen Padang, Indarung, Padang, Sabtu, (31/8/2019).

Sehari setelah dikontrak dia langsung diturunkan melawan Barito Putera di Stadion Haji Agus Salim, Padang, Minggu, (1/9/3019). Dalam pertandingan sore itu Semen Padang dipaksa takluk oleh tamunya. Barito menang tipis 3-2 atas tuan rumah.

Kendati kalah, debut Yu bersama Semen Padang memberikan kontribusi positif dalam laga. Sayangnya, dia baru dimasukkan pelatih pada menit ke 60 menggantikan Rosad Setiawan.

Sambutan meriah dari suporter untuk Yu saat memasuki lapangan, dibalas dengan penampilan mengesankan. Hanya tiga menit setelah masuk, saat pertandingan berjalan di menit ke-63, dia memberikan umpan matang untuk Irsyad Maulana di depan gawang. Namun, assist itu gagal berbuah gol, karena Irsyad terlambat mengantisipasi. Bola ditangkap kiper Barito.

Pada menit ke 84, Yu kembali memberikan asisst untuk Irysad. Umpan yang kemudian berhasil dimanfaatkan dan menjadi gol kedua untuk tim Kabau Sirah. Sayangnya, Semen Padang tidak berhasil mengejar ketinggalan.

Pelatih Semen Padang, Weliansyah saat jumpa pers usai pertandingan mengatakan keputusannya memasukkan Yu pada babak kedua karena masih butuh waktu untuk beradaptasi dengan tim.

"Dia masih perlu adaptasi dengan tim. Baru 2 hari dia latihan langsung dimasukkan penuh itu, tidak realistis," ujarnya.

Menurut Weli, setiap pemain bola tentu butuh penyesuaian dengan timnya. Memasukkan Yu dinilainya sudah tepat, apalagi tim sedang kekurangan striker untuk menyerang.

"Kita berusaha memainkan Yu, Alhamdulillah Yu bisa, kita beruntung ada Yu. Dia cepat beradaptasi dan saya salut dengannya, Karena dia juga pemain profesional," katanya.

Menurutnya kehadiran Yu setelah masuk bisa mengubah situasi tim. Berkat asisst yang diberi bisa mencetak gol. "Kita bisa lihat, dia bisa mengubah situasi tim. Beberapa kali umpan-umpan nya sangat bagus," katanya.

Sementara itu, pelatih Barito Djajang Nurdjaman menilai penampilan Yu hanya sebentar saat pertandingan, namun memberikan banyak kontribusi pada tim sehingga menyusahkan pemain belakang Barito.

"Yu Hyun Koo masuk hanya kurang lebih 15 menit atau sekitar 20 menit, tapi kontribusinya kepada tim luar biasa. Dia ngasih umpan-umpan yang bagus sehingga memanjakan winger mereka," katanya.

Dia mengatakan beberapa kali pemain sayap Semen Padang lepas dari penjagaan Barito. Kemudian banyak peluang tercipta yang berawal dari umpan Yu.

"Beberapa kali winger Semen Padang lepas dari penjagaan bek kiri kami dan menciptakan peluang. Akhirnya dia bisa membuat satu gol dari hasil dari skema seperti itu," katanya.

Sebelumnya sejumlah pihak sempat meragukan Yu kembali ke Semen Padang. Hal tersebut karena pemain berusia 35 tahun dinilai sudah tua dan performanya sudah menurun. (Rahmadi/HM)

Baca Juga

Semen Padang FC akan menghadapi Malut United FC pada babak semifinal Liga 2 2023/2024. Hal ini berdasarkan hasil drawing yang digelar pada
Semen Padang FC Ketemu Malut United FC di Semifinal Liga 2, Leg 1 Digelar 25 Februari
Semen Padang berhasil mengalahkan tuan rumah PSMS Medan di Stadion Baharoeddin Siregar Lubuk Pakam, Deli Serdang, Sumatra Utara (Sumut),
Sukses Kalahkan PSMS Medan, Semen Padang FC Terima Bonus Rp120 Juta dari Andre Rosiade
Kabau Sirah Melaju ke 12 Besar, Andre Rosiade Gelontorkan Bonus Rp.100 Juta
Kabau Sirah Melaju ke 12 Besar, Andre Rosiade Gelontorkan Bonus Rp.100 Juta
Selebrasi pemain Semen Padang FC Arsyad Yusgiantoro
Taklukkan Sriwijaya 3-0, Semen Padang FC Pastikan Tiket 12 Besar Liga 2 2023
Kabau Sirah dan Askar Bertuah Saling Berbagi Angka
Kabau Sirah dan Askar Bertuah Saling Berbagi Angka
Mengenal Afdal Yusra, Legenda SPFC yang Berkarir di Semen Padang
Mengenal Afdal Yusra, Legenda SPFC yang Berkarir di Semen Padang