Seekor Rangkong Badak yang Diselamatkan Warga Pessel Diserahkan ke BKSDA

Langgam.id - Warga Painan, Pessel, Bambang S menyerahkan seekor Rangkong Badak yang ia selamatkan ke BKSDA Sumatra Barat (Sumbar).

Rangkong Badak atau Enggang yang diserahkan warga Pessel ke BKSDA Sumbar. [Foto: Dok. BKSDA Sumbar]

Langgam.id - Warga Painan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Bambang S menyerahkan seekor Rangkong Badak atau Enggang yang ia selamatkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatra Barat (Sumbar).

Menurut Bambang, satwa liar jenis Rangkong Badak atau Enggang itu ia selamatkan di pinggir pantai kawasan Mandeh, Selasa (6/9/2022).

"Saya berupaya menyelamatkan dan membawa pulang Enggang itu," ujar Bambang melalui keterangan resmi BKSDA Sumbar, Jumat (16/9/2022).

Sementara itu, Kepala BKSDS Sumbar, Ardi Andono mengatakan, keberadaan Enggang itu awalnya diketahui petugas polisi dan dilaporkan ke petugas Resor Tarusan Arau Hilir. SKW III BKSDA Sumbar.

"Menindaklanjuti informasi itu, petugas berkoordinasi dengan pemerintah nagari dan mendatangi kediaman Bambang," ujar Ardi melalui keterangan resminya, Jumat (16/9/2022).

Kemudian, kata Ardi, setelah petugas memberikan pemahaman kepada kelaurga Bambang, bahwa satwa liar itu dilindungi, mereka menyerahkannya ke petugas.

"Satwa itu kita evakuasi ke Pos TTS Bandara Kota Padang. Berdasakan pemeriksaan, satwa itu belum bisa terbang dan masih remaja," ungkap Ardi.

Jadi, sebut Ardi, karena satwa itu masih belum bisa terbang dan remaja, maka akan dititipkan di Lembaga Konservasi Kandi Sawahlunto.

Baca juga: BKSDA Sumbar Pastikan Jalan Provinsi di Pasaman Tidak Gunakan Material dari SM Malampah

"Kita ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah bersedia menyerahkan satwa dilindungi itu ke BKSDA Sumbar, Ini menunjukkan semakin tingginya kesadaran dan dukungan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian satwa khas Indonesia," katanya.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Dua warga Nagari Simanau, Kecamatan Tiga Lurah, Kabupaten Solok, Sumatra Barat, diserang beruang madu pada Minggu (14/4/2024).
2 Warga Simanau Kabupaten Solok Diserang Beruang Madu, 1 Luka Parah
Seekor Binturung terjebak dalam perangkap babi yang dipasang oleh masyarakat di Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat (Sumbar) pada Selasa .
Seekor Binturung Masuk Perangkap Babi di Tanah Datar, Begini Kondisinya Kini
Puskesmas di Pesisir Selatan Diminta Siaga Menjelang Libur Panjang Idul Fitri
Puskesmas di Pesisir Selatan Diminta Siaga Menjelang Libur Panjang Idul Fitri
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim Randang Lokan Pesisir Selatan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia.
Randang Lokan Pesisir Selatan Ditetapkan Jadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia
Tim gabungan BKSDA Sumbar, Balai Gakkum LHK Wilayah Sumatra dan Ditreskrismsus Polda Sumbar mengamankan satu orang pelaku perdagangan bagian
Tim Gabungan Amankan Pelaku Perdagangan Sisik Trenggiling di Pasaman
Sejumlah Titik Jalan Terputus Akibat Banjir di Pesisir Selatan Sudah Bisa Dilalui
Sejumlah Titik Jalan Terputus Akibat Banjir di Pesisir Selatan Sudah Bisa Dilalui