Satpol PP Padang Amankan 3 Warga Buang Sampah Sembarangan

Satpol PP Padang Amankan 3 Warga Buang Sampah Sembarangan

Warga kedapatan buang sampah sembarangan. (Foto: Dok. Pol PP Padang)

Langgam.id - Sampah menjadi persoalan serius di Kota Padang. Dalam upaya menjaga kebersihan dan menegakkan aturan, Satpol PP Kota Padang mengamankan tiga warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan di median jalan pada Jumat (7/6/2024) malam.

Ketiga warga tersebut tertangkap tangan di Kecamatan Padang Timur dan langsung dibawa ke Mako Satpol PP Padang untuk didata dan dimintai keterangan.

Kasat Pol PP Kota Padang, Chandra Eka Putra, menjelaskan bahwa tindakan ini merupakan pelanggaran terhadap Perda Nomor 11 Tahun 2005 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat dan Perda Nomor 21 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah.

Chandra menekankan bahwa sampah merupakan masalah bersama yang perlu ditangani dengan kesadaran dan kerjasama semua pihak. "Sampah harus dibuang ke kontainer sampah yang telah disediakan di setiap kecamatan, bukan dibuang sembarangan," tegasnya, dikutip Minggu (9/6/2024).

Lebih lanjut, Chandra menjelaskan bahwa Satpol PP melakukan pengawasan di tiga kecamatan, yaitu Pauh, Koto Tanggah, dan Padang Timur. Pengawasan ini bertujuan untuk memastikan masyarakat membuang sampah pada tempatnya dan tidak mencemari lingkungan.

Permasalahan sampah yang tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan dampak jangka panjang yang signifikan terhadap lingkungan dan kesehatan manusia, termasuk bencana. Oleh karena itu, perlu adanya upaya edukasi dan penegakan aturan yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan kota.

Selain penegakan aturan, perlu juga dilakukan upaya edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai media, seperti sosialisasi, kampanye, dan edukasi di sekolah.

Upaya bersama dari pemerintah, masyarakat, dan pihak terkait merupakan kunci untuk mengatasi masalah sampah dan menciptakan Kota Padang yang bersih dan sehat. (*/Fs)

Baca Juga

Diduga Kumpul Kebo, Pol PP Padang Amankan 5 Remaja dari Rumah Kosan di Kuranji
Diduga Kumpul Kebo, Pol PP Padang Amankan 5 Remaja dari Rumah Kosan di Kuranji
Satpol PP kembali melakukan penertiban terhadap pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan menggunakan badan jalan dan trotoar di Tunggul Hitam
Belasan Lapak PKL di Tunggul Hitam dan Tabing Ditertibkan Satpol PP Padang
Satpol PP Padang melakukan penertiban terhadap sejumlah pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di atas trotoar di Jalan Pattimura pada Senin (10/6/2024).
Jualan di Trotoar, Kursi dan Meja PKL Disita Satpol PP Padang
Satpol PP Padang menjaring sebanyak 12 unit sepeda motor serta tujuh orang pemiliknya yang melakukan aksi balap liar di kawasan Aia Pacah,
Bubarkan Aksi Balap Liar, Belasan Motor Diamankan Satpol PP Padang
Satpol PP Padang akhirnya membongkar bangunan yang berdiri di bawah trafo bertegangan tinggi di Jalan Sutomo, Kecamatan Padang Timur, Rabu (29/5/2024).
Bangunan yang Didirikan di Bawah Trafo Listrik Akhirnya Dibongkar Satpol PP Padang
Nongkrong Hingga Larut Malam, Pol PP Padang Amankan 7 Wanita
Nongkrong Hingga Larut Malam, Pol PP Padang Amankan 7 Wanita