Rusunawa di Pesisir Selatan Jadi Tempat Isolasi ODP Corona

Kasus Baru Covid-19 di Sumbar

Ilustrasi - virus corona (Covid-19). (Gambar: Alexandra Koch/pixabay.com)

Langgam.id - Masyarakat Nagari Painan Selatan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatra Barat (Sumbar) akhirnya menerima Rusunawa di kawasan nagari tersebut sebagai tempati isolasi warga berstatus orang dalam pemantauan (ODP) corona (covid-19).

Hal itu dibenarkan Kabag Humas Pemkab Pessel Rinaldi Dasar. "Hasil pertemuan, warga meminta lokasi isolasi dipagar dengan seng. Mereka juga minta masker dan penyemprotan desinfektan. Itu kesepakatan pemkab dengan warga sekitar Rusunawa," katanya kepada sejumlah wartawan di Painan, Minggu (29/3//2020).

Proses isolasi ODP corona di Pessel sendiri direncanakan dimulai Senin (30/3/2020). Total warga berstatus ODP yang akan diisolasi di Rusunawa itu mencapai 61 orang. Namun, Pemkab Pessel tetap memberi pilihan bagi warga berstatus ODP.

"Apakah mengikuti isolasi di Rusunawa, atau memilih isolasi mandiri di rumah, tapi itu nanti tergantung dari kondisi mereka melalui pemeriksaan medis," katanya.

Rusunawa itu memiliki kapasitas 42 ruangan dengan 84 kamar. Secara teknis, lokasi isolasi bakal mendapat pemgawalan ketat dari Satpol PP, TNI dan Polri. Pemkab Pessel juga telah menyiapkan tenaga medis khusus untuk menangani ODP selama isolasi.

Sebelumnya, warga menolak Rusunawa di Kampung Muaro, Nagari Painan Selatan, Kecamatan IV Jurai dijadikan sebagai tempat isolasi. Penolakkan itu sempat diwarnai dengan aksi demonstrasi dari ratusan. Mereka khawatir bakal terkontaminasi wabah corona. Pasalnya, lokasi Rusunawa berada di area padat penduduk. (*/ICA)

Baca Juga

Ilustrasi Remaja meninggal
Satu Korban Hanyut di Batang Lunang Pessel Berhasil Ditemukan
Pencarian dua korban hanyut di sungai Batang Lunang di Kecamatan Lunang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, pada hari kedua, Jumat
Hari Kedua Pencarian, 2 Korban Hanyut di Batang Lunang Pessel Belum Ditemukan
Tokoh Agama Ali Amran Warnai Bursa Cawabup Pesisir Selatan
Tokoh Agama Ali Amran Warnai Bursa Cawabup Pesisir Selatan
Dua warga terseret arus Batang Sungai Lunang di Kecamatan Lunang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, Kamis (8/5/2024) sekitar pukul
2 Warga Terseret Arus Sungai Batang Lunang Pessel saat Langsir Sawit
Gempa M 4,6 Mengguncang Pesisir Selatan
Gempa M 4,6 Mengguncang Pesisir Selatan
Gubernur Sumbar: Berdayakan Potensi Daerah untuk Mencegah Stunting
Stunting di Pesisir Selatan Meningkat, Capai 2.314 Kasus