RSUD Padang Panjang Percantik Lobi dan Ruang Tunggu Seperti Hotel Berbintang

RSUD Padang Panjang Percantik Lobi dan Ruang Tunggu Seperti Hotel Berbintang

Suasana lobi RSUD Padang Panjang. (Foto: Kominfo Padang Panjang)

Langgam.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padang Panjang mempercantik lobi dan ruang tunggunya seperti hotel berbintang. Hal tersebut dilakukan meningkatkan pelayanan dan kenyamanan bagi pasien maupun keluarga pasien.

Direktur RSUD dr. Lila Yanwar kepada tim Kominfo Padang Panjang mengatakan, pembenahan lobi dan ruang tunggu klinik itu dipicu penumpukan pasien di ruang tunggu poliklinik.

"Juga memperhatikan dari segi estetika," katanya, sebagaimana dirilis akun resmi Kominfo Padang Panjang, Jumat (24/12/2021).

Menurutnya, bertambahnya jumlah pasien menimbulkan penumpukan. Hal tersebut berpotensi bagi penularan Covid-19.

"Dari segi estika, kita ingin memberikan pelayanan suasana yang indah dan nyaman bagi pasien, layaknya interior hotel berbintang,” tuturnya.

Ia mengatakan, perbaikan tersebut mulai dengan mengubah dinding ruangan dengan menambahkan lighting dan LCD informasi. Selain itu juga mengganti kursi ruang tunggu dan menambah tempat duduk di bagian luar.

Semua tetap tetap memenuhi standar akreditasi. “Tidak hanya indoor, outdoor juga kita benahi," ujarnya.

dr. Lila menyebut, pihaknya juga sedabg mempersiapkan pembuatan kanopi di bagian luar. Selain itu juga memperindah taman RSUD yang nanti juga bisa menjadi ruang tunggu pasien.

Ia menambahkan, RSUD juga mempercepat layanan agar pasien yang melakukan pendaftaran tidak terlalu menumpuk. Hal tersebut selaras dengan program inovasi RSUD yaitu “Satu Jam Saja”.

Setelah itu, menurut dia, RSUD akan melanjutkan pembenahan interior ke ruangan rawat dan lorong ruang rawatan. RSUD Padang Panjang juga berencana membangun pujasera dengan makanan dan minuman yang sehat untuk pasien dan keluarga pasien.

Ia menuturkan, telah meningkatkan sejumlah pelayanan selama 2021. Peningkatan pelayanan selain di poliklinik, juga debfab menambah dua unit layanan khusus ICU Covid-19, kamar operasi khusus Covid-19 serta ruang VIP baru.

Sementara, untuk 2022, RSUD akan mengembangkan layanan dari anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Kesehatan. Yakni, pengembangan gawat darurat neonatal, pengembangan layanan tumbuh kembang anak.

Selain itu, juga pengembagan rehabilitasi medik di rawatan pasien stroke, pengembangan poliklinik estetika (kecantikan), akupresure, dan juga mengembangkan unit-unit bisnis untuk menambah income RSUD.

Kemudian, untuk mobilitas, RSUD Padang Panjang akan menambah shuttle bus untuk antar-jemput pasien. (*/SS)

Baca Juga

Sebanyak 1.255 paket sembako dari Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang disalurkan dari posko utama ke posko siaga yang berada di empat
1.255 Paket Sembako dari Gebu Minang Disalurkan ke Posko Siaga di Padang Panjang
Sejumlah daerah di Sumatra Barat (Sumbar) diterjang banjir bandang pada Satu (11/5/2024) lalu. Salah satunya melanda Kota Padang Panjang.
Kerugian Material Capai Rp5 M, Ini Dampak Bencana Banjir Bandang di Padang Panjang
Banjir di Kota Padang Panjang: 1 Orang Ditemukan Selamat, 2 Masih Hilang
Banjir di Kota Padang Panjang: 1 Orang Ditemukan Selamat, 2 Masih Hilang
Empat pelajar Padang Panjang bakal mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar).
Empat Pelajar Padang Panjang Bakal Ikuti Seleksi Paskibraka Tingkat Sumbar
Harga Bawang di Padang Panjang Turun
Harga Bawang di Padang Panjang Turun
Harga bawang merah di Padang Panjang turun pada minggu pertama Mei ini. Harga bawang turun dari dari Rp52.167 per kg menjadi Rp51.000/kg.
Pasokan Bertambah, Harga Bawang Merah di Padang Panjang Turun