Ribuan Jemaah Ikuti Salat Idul Adha di Masjid Agung Dharmasraya

InfoLanggam - Masjid Agung Dharmasraya dipadati ribuan jemaah untuk melaksanakan Salat Idul Adha 1445 Hijriyah pada Senin (17/6/2024).

Di antara para jemaah, tampak Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Ketua DPRD, Pariyanto, Kapolres Dharmasraya, AKPB Bagus Ikhwan, Ketua Pengadilan Agama Dharmasraya, M Rifai.

Kemudian, juga hadir Ketua Pengadilan Negeri Dharmasraya, Diana Dewiyani, Sekda Adlisman, Ketua TP-PKK Dharmasraya, Dewi Sutan Riska dan sejumlah kepala OPD.

Bertindak selaku imam Salat Idul Adha yaitu Ustaz Dolizal Putra yang merupakan qori nasional asal Dharmasraya yang sehari-hari merupakan imam tetap Masjid Agung

Selanjutnya, bertindak selaku khatib, Ustaz Asrizal Mukhtar, Ketua Bidang Ekonomi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatra Barat.

Sebelum melaksanakan Salat Idul Adha, Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan berkesempatan memberi sambutan arahan di hadapan ribuan jemaah.

Ia mengajak masyarakat untuk meneladani ketaatan, kesabaran dan ketakwaan keluarga Nabi Ibrahim AS dan puteranya Nabi Ismail.

Di sisi lain Sutan Riska juga menyoroti kecenderungan masyarakat yang telah mulai konsumtif, kecanduan belanja online, tanpa pikir, dan tidak mempertimbangkan mana yang kebutuhan dan mana kemauan.

"Belanja online yang tidak terkendali rentannya terjadi konflik rumah tangga," ungkapnya.

"Di tambah lagi kaum laki-laki sudah mulai terkontaminasi dengan permainan slot, judi online, yang mengakibatkan kewajiban seorang suami sebagai penanggungjawab di bidang ekonomi, pendidikan dan pembinaan keluarga terabaikan. Pantas saja grafik perceraian semakin meningkat," sambungnya.

Sutan Riska mengajak umat Islam untuk meningkatkan hablum minallaahi, dengan melaksanakan kewajiban, menjauhi larangan sebagai seorang muslim beriman. Serta memperbaiki hablum minannaas, hubungan baik sesama manusia.

Sementara itu, Khatib Ustaz Asrizal Mukhtar dalam khutbahnya menguraikan betapa hebat, kuat dan luar biasanya keluarga Nabi Ibrahim AS dan puteranya Nabi Ismail AS.

"Mereka sangat patuh dan taat kepada perintah Allah Swt, meskipun putera semata mayangnya diperintahkan oleh Allah SWT untuk disembelih melalui mimpi," katanya.

Hal ini didiskusikan bersama puteranya Nabi Ismail AS. Karena mimpi seorang Nabi itu, adalah ru'yatan shadiqan, mimpi yang benar, akhirnya Nabi Ibrahim AS selaku ayah tegar sekali menyembelih putera kesayangannya.

Sementara Nabi Ismail AS pun pasrah, bahkan memerintahkan ayahandanya Nabi Ibrahim AS untuk segera mengeksekusi perintah Allah SWT.

"Berkat keikhlasan keduanya, maka Allah Swt mengganti sembelihannya dengan seekor kibas. Begitulah balasan bagi hamba-Nya yang ikhlas, patuh dan sabar dalam menyikapi perintah Allah Swt," lanjutnya.

"Semoga cuplikan kisah keluarga Nabi Ibrahim AS dengan puteranya Nabi Ismail AS mampu memotivasi kita untuk meningkatkan keimanan, ketakwaan dan pengorbanan dalam pengertian yang luas," harapnya. (*)

Baca Juga

Ketua TP PKK Kabupaten DHarmasraya, Dewi Sutan Riska, Ketua DW Dharmasraya, Syafni Adlisman menghadiri acara Peringatan Hari Kesatuan
Hadiri Jambore Kader PKK, Dewi Sutan Riska: Kegiatan Ini Sangat Berarti Bagi PKK Dharmasraya
Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengungkapkan bahwa dari tahun 2017, kategori SAKIP Kabupaten Dharmasraya tidak
Evaluasi SAKIP, Bupati Sutan Riska Harap Dharmasraya Dapat Nilai BB
Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyambut baik dilaksanakannya pertemuan ribuan umat Islam se-Sumatra yang dilaksanakan
Sutan Riska Sambut Baik Pertemuan Ribuan Umat Islam di Masjid Agung Dharmasraya
Rapat Kerja Nasional XVI Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Tahun 2024, Apkasi Expo 2024 dan Apkasi Procurement Network
Dihadiri Bupati se-Indonesia, Presiden Jokowi Buka Rakernas dan Apkasi Otonomi Expo 2024
Sekretaris Daerah Dharmasraya Adlisman resmi membuka Adhyaksa Fair 2024, yang digelar di pelataran parkir Kejaksaan Negeri Dharmasraya,
Sekda Resmi Buka Adhyaksa Fair Kejari Dharmasraya Tahun 2024
TP PKK Dharmasraya menggelar Jambore Kader PKK tingkat Kabupaten Dharmasraya 2024 di Alinea Farm & Park, Nagari Sitiung pada Kamis, (4/7/24)
Bupati Sutan Riska Buka Jambore Kader PKK Tingkat Kabupaten Dharmasraya