Ribuan Jamaah Ikuti Tabligh Akbar Buya Yahya di Masjid Raya Sumbar

Ribuan Jamaah Ikuti Tabligh Akbar Buya Yahya di Masjid Raya Sumbar

Tabligh akbar Buya Yahya di Masjid Raya Sumbar. [Foto: Diskominfotik Sumbar]

 

Tabligh akbar ini merupakan safari dakwah yang dilakukan Buya Yahya Albahjah di tiga titik daerah di Sumatra Barat, yakni di Masjid Raya Sumbar, Masjid Al Hidayah Sijunjung, dan Masjid Istiqlal Muaro Sijunjung.

Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi pernah mengatakan pada acara tabligh akbar sebelumnya, bahwa acara seperti ini memang cocok untuk dilaksanakan di Mesjid Raya Sumbar. Masyarakat akan mudah mencari tempat dan ramai mengikuti.

Kedekatan dan jalinan silaturahmi antara gubernur dan Buya Yahya juga sangat terlihat. Bahkan sepanjang acara tabligh akbar, dan saat berceramah, Buya Yahya mengajak gubernur turut mendampinginya.

Buya Yahya dalam tausiahnya menyampaikan, satu diantara ilmu yang paling penting untuk kehidupan manusia yaitu, ilmu mengenai menata hati diri sendiri.

"Maka saat ini ilmu yang penting kita hadirkan yaitu ilmu menata hati. Karena kita sering dihadapkan dengan permasalahan hati yang menimbulkan permusuhan atau dengki," kata Buya Yahya dikutip dari laman resmi pemda.

"Nabi rindu pada hamba-hambanya yang penuh cinta, maka hidup dengan penuh cinta dapat membangun dunia ini untuk melestarikan semesta dengan sebaik-baiknya bukan dengan kebencian, dendam, dan hasut," lanjut Buya.

Kemudian ia melanjutkan, jika ingin membangun dan menata hati perlu ada dasarnya, yaitu dasar iman kepada Allah serta menyadari bahwa kita adalah umat Nabi Muhammad SAW.

"Untuk menghadirkan rasa kasih sayang di hati manusia, yaitu dengan merenungkan bahwasanya di padang mahsyar nanti manusia yang hidup  dengan cinta, tanpa benci dan dendam itu berkumpul di suatu tempat mendapatkan perlindungan oleh Allah SWT. Oleh sebab itu kita perlu fokus mendoakan seseorang (yang telah mendzolimi kita) dengan doa kebaikan," tutur buya.

Ia berharap dan mendoakan para jemaah yang hadir semoga tetap menjadi orang yang rendah hati dan penuh cinta.

"Semoga pulang dari acara ini, kita semua senantiasa menghilangkan sifat kesombongan", tutur Buya Yahya.

--

Ikuti berita Sumatra Barat hari ini, terbaru dan terkini dari Langgam.id.  Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

 

Baca Juga

Pemko Padang menyiapkan berbagai kegiatan untuk menyambut Hari Jadi Kota Padang ke-354 yang jatuh pada 7 Agustus 2023 mendatang. Salah satunya
Ustaz Adi Hidayat Dijadwalkan Isi Tabligh Akbar Hari Jadi Kota Padang ke-354
Pemko Pariaman Gelar Tabligh Akbar Peringati 1 Muharram 1445 H
Pemko Pariaman Gelar Tabligh Akbar Peringati 1 Muharram 1445 H
Langgam.id - Pemerintah Nagari Lawang dan Kecamatan Matur bakal menggelar tabligh akbar dan berencana menghadirkan Ustaz Abdul Somad (UAS).
Tabligh Akbar di Kecamatan Matur November 2022 Bakal Hadirkan UAS
Pencarian Korban Banjir Bandang di Tanah Datar, PMI Kerahkan Hagglunds
Pencarian Korban Banjir Bandang di Tanah Datar, PMI Kerahkan Hagglunds
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah melantik Suprayitno sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh. Pelantikan dilaksanakan di Auditorium
Suprayitno Dilantik Jadi Pj Wali Kota Payakumbuh Gantikan Jasman
Bupati Tanah Datar, Eka Putra meninjau kondisi sabo dam yang berada di Nagari Pasir Laweh, Senin (27/5/2024). Peninjauan itu dilakukan guna memastikan kondisi sabo dam
Pascabanjir Bandang, Bupati Tanah Datar Tinjau Kondisi Sabo Dam di Pasir Laweh