Respons Pernyataan Presiden, Ini Kata Gubernur Soal Tol Padang-Pekanbaru

Respons Pernyataan Presiden, Ini Kata Gubernur Soal Tol Padang-Pekanbaru

Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi di ruang sidang DPRD Sumbar, Jum'at (6/1/2023). [Foto: Dharma Harisa]

Langgam.id - Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi merespons penyataan Presiden Jokowi terkait progres pembangunan jalan Tol Padang-Pekanbaru. Dia mengatakan, pemerintah provinsi sudah melakukan langkah-langkah terkait perkembangan tersebut. Bahkan kata Mahyeldi, seksi tol Padang-Sicincin saat ini sudah dilaksanakan pembangunan.

"Mungkin Pak Jokowi ingin segera untuk melakukan pembangunan dan pelaksanaannya begitu, ndak ditunda-tunda lagi," katanya saat ditemui awak media di ruang sidang DPRD Sumbar, Jum'at (6/1/2023).

Oleh karena itu, lanjutnya, dia telah meneruskan apa yang menjadi masalah dalam pengerjaan jalan tol kepada seluruh jajaran. Termasuk kepada seluruh bupati dan wali kota terkait.

"Oleh karena itu kemarin sudah kita teruskan kepada Bupati 50 Kota, untuk segera dituntaskan hal-hal yang ada di lapangan. Sehingga pembangunan ini siap berjalan dan mudah-mudahan yaa memang bisa berjalan," tutur mantan Wali Kota Padang itu.

Saat ini, katanya, pemerintah juga sedang berpacu dengan waktu. Dalam rapat bersama Bupati 50 Kota dan DPRD Sumbar Kamis (05/01/2023) kemarin, Mahyeldi membeberkan pembangunan jalan Tol Padang-Pekanbaru ini menjadi rumit. Dikarenakan perjanjian kerja konsultan pengembang jalan tol, Japan International Cooperation Agency (JICA) dengan pemerintah Indonesia akan berakhir 31 Januari nanti.

Oleh karena itu katanya, harus dilakukan upaya agar pembangunan ini tetap berjalan seperti rencana. Yaitu dengan mencari jalan keluar dari permasalahan ini. Khususnya perihal pembangunan tol seksi Payakumbuh–Pangkalan. Masih ada keberatan dari masyarakat di 5 nagari yang ada di sana.

Dalam rapat yang sama, Sekretaris Kabupaten 50 Kota, Widya Putra menjelaskan tersisa 2 nagari yang masih keberatan dengan pembangunan jalan tol ini. Untuk solusi dari masalah ini Pemkab 50 Kota akan mengadakan pertemuan dengan kelima nagari untuk menuntaskan bersama persoalan ini.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan, jalan tol yang sudah selesai di Riau akan tersambung ke arah Padang. Namun, Jokowi tak bisa bicara, kapan selesainya.

Baca Juga: Tol dari Riau ke Arah Padang, Jokowi: Selesainya Kapan, Saya Tak Bisa Bicara

Dari Bangkinang, berikutnya adalah ke arah Padang. "Terus ke arah Padang. Selesainya kapan, saya tidak bisa bicara. Karena memang masih panjang," kata presiden. (Dharma Harisa)

Baca Juga

Vokalis Red Hot Chili Peppers ke Mentawai, Bikin Tato ?
Vokalis Red Hot Chili Peppers ke Mentawai, Bikin Tato ?
Meski masa libur Lebaran 2024 telah selesai, namun tiket bus jurusan Padang-Jakarta untuk tanggal keberangkatan 19-20 April tetap habis
Berikut Tiket Bus Padang-Jakarta yang Masih Tersedia pada 21-23 April 2024
Pemprov Janji Dukung BNN dalam Penanggulangan Narkoba di Sumbar
Pemprov Janji Dukung BNN dalam Penanggulangan Narkoba di Sumbar
Berita terbaru dan terkini hari ini: Teja Paku Alam dinobatkan sebagai kiper terbaik atau the best goal keeper oleh APPI Indonesia 11 2022.
Teja Paku Alam Dilirik Semen Padang FC, Begini Tanggapannya
Program Studi di Luar Kampus Utama Universitas Negeri Padang (PSDKU UNP) rencananya akan dibuka di Kabupaten Kepulauan Mentawai.
Pengendalian Sampah Selama Lebaran, Gubernur Sumbar Keluarkan Edaran
Pelebaran Jalan Kasang-Duku, Gubernur Apresiasi Balai Jalan Sumbar
Pelebaran Jalan Kasang-Duku, Gubernur Apresiasi Balai Jalan Sumbar