Respons Pernyataan Presiden, Ini Kata Gubernur Soal Tol Padang-Pekanbaru

Respons Pernyataan Presiden, Ini Kata Gubernur Soal Tol Padang-Pekanbaru

Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi di ruang sidang DPRD Sumbar, Jum'at (6/1/2023). [Foto: Dharma Harisa]

Langgam.id - Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi merespons penyataan Presiden Jokowi terkait progres pembangunan jalan Tol Padang-Pekanbaru. Dia mengatakan, pemerintah provinsi sudah melakukan langkah-langkah terkait perkembangan tersebut. Bahkan kata Mahyeldi, seksi tol Padang-Sicincin saat ini sudah dilaksanakan pembangunan.

"Mungkin Pak Jokowi ingin segera untuk melakukan pembangunan dan pelaksanaannya begitu, ndak ditunda-tunda lagi," katanya saat ditemui awak media di ruang sidang DPRD Sumbar, Jum'at (6/1/2023).

Oleh karena itu, lanjutnya, dia telah meneruskan apa yang menjadi masalah dalam pengerjaan jalan tol kepada seluruh jajaran. Termasuk kepada seluruh bupati dan wali kota terkait.

"Oleh karena itu kemarin sudah kita teruskan kepada Bupati 50 Kota, untuk segera dituntaskan hal-hal yang ada di lapangan. Sehingga pembangunan ini siap berjalan dan mudah-mudahan yaa memang bisa berjalan," tutur mantan Wali Kota Padang itu.

Saat ini, katanya, pemerintah juga sedang berpacu dengan waktu. Dalam rapat bersama Bupati 50 Kota dan DPRD Sumbar Kamis (05/01/2023) kemarin, Mahyeldi membeberkan pembangunan jalan Tol Padang-Pekanbaru ini menjadi rumit. Dikarenakan perjanjian kerja konsultan pengembang jalan tol, Japan International Cooperation Agency (JICA) dengan pemerintah Indonesia akan berakhir 31 Januari nanti.

Oleh karena itu katanya, harus dilakukan upaya agar pembangunan ini tetap berjalan seperti rencana. Yaitu dengan mencari jalan keluar dari permasalahan ini. Khususnya perihal pembangunan tol seksi Payakumbuh–Pangkalan. Masih ada keberatan dari masyarakat di 5 nagari yang ada di sana.

Dalam rapat yang sama, Sekretaris Kabupaten 50 Kota, Widya Putra menjelaskan tersisa 2 nagari yang masih keberatan dengan pembangunan jalan tol ini. Untuk solusi dari masalah ini Pemkab 50 Kota akan mengadakan pertemuan dengan kelima nagari untuk menuntaskan bersama persoalan ini.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan, jalan tol yang sudah selesai di Riau akan tersambung ke arah Padang. Namun, Jokowi tak bisa bicara, kapan selesainya.

Baca Juga: Tol dari Riau ke Arah Padang, Jokowi: Selesainya Kapan, Saya Tak Bisa Bicara

Dari Bangkinang, berikutnya adalah ke arah Padang. "Terus ke arah Padang. Selesainya kapan, saya tidak bisa bicara. Karena memang masih panjang," kata presiden. (Dharma Harisa)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Hijrah dan Arus Balik Selebritas
Hijrah dan Arus Balik Selebritas
Kerjasama Berakhir Bulan Ini, Kelanjutan Tol Padang-Pekanbaru Terancam
Dukung Tol, Warga Terdampak di Jalur Payakumbuh-Pangkalan Bertemu Wagub Sumbar
Sejak Beroperasi, Hampir 600 Ribu Kendaraan Melintas di Tol Pekanbaru-Bangkinang
Sejak Beroperasi, Hampir 600 Ribu Kendaraan Melintas di Tol Pekanbaru-Bangkinang
Langgam.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bakal berkunjung ke Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Oktober 2022.
Menag Usulkan Biaya Haji Naik, Jokowi: Belum Final Sudah Ribut
Kumpulkan Kepala Daerah dan Forkopimda, Jokowi Tekankan 6 Hal Ini
Kumpulkan Kepala Daerah dan Forkopimda, Jokowi Tekankan 6 Hal Ini
Maling Menyamar Jadi Mahasiswi di UNP: Gasak Tas Wakil Dekan, Akhirnya Ditangkap
Maling Menyamar Jadi Mahasiswi di UNP: Gasak Tas Wakil Dekan, Akhirnya Ditangkap