Resmikan Sirkuit Mandalika, Presiden Jokowi Jajal Trek Basah

Langgam.id-Srkuit Mandalika

Meski sempat diguyur hujan, namun Presiden Jokowi tetap menjajal sepeda motornya di Sirkuit Mandalika. [foto: IG @jokowi]

Langgam.id – Presiden Joko Widodo mencoba langsung lintasan atau trek balap Sirkuit Mandalika menggunakan motor pribadinya, Jumat (12/11/2021).

Kegiatan tersebut dilakukan bersamaan dengan diresmikannya sirkuit yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB),

Menggunakan sepeda motor custom Kawasaki W175 berwarna hijau dengan kelir putih bertuliskan RI 1 di sisi kanan dan kiri tangki dan bonet, Jokowi menjajal lintasan yang basah karena sempat diguyur hujan tersebut dengan hati-hati.

“Saya kira banyak tikungan tajam sekali, di sini kana da 17 titik tikungan yang saya kira semuanya sulit untuk saya. Kalau untuk pembalap mungkin enggak ada masalah, tapi untuk saya sangat sulit,” ucap Jokowi.

Gunakan setelan jaket berwarna hitam, Jokowi turut diiringi oleh sejumlah tokoh. Seperti Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo.

Serta, pembalap junior Astra Honda Racing Team yang akan berlaga di ajang Idemitsu Asia Talent Cup yang bertepatan dengan ajang World Superbike mendatang.

Jokowi mengatakan dengan peresmian tersebut, Sirkuit Mandalika akan siap digunakan untuk berbagai ajang kelas dunia.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmikan Sirkuit Mandalika Hari Ini

“Sirkuit Mandalika dengan panjang 4,3 kilometer, teknologi aspal terbaru, stone mastic asphalt (SMA), juga telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan," ungkap Jokowi dilansir dari Tempo, Jumat (12/11/2021).

Ia menjelaskan, bahwa Sirkuit Mandalika siap digunakan untuk mendukung penyelenggaraan event-event kelas dunia di Kawasan Mandalika ini.

Seperti, World Superbike 2021 dan dilanjutkan nantinya Maret 2022 dengan MotoGP.

Resmikan Jalan By Pass

Selain itu, Jokowi meresmikan jalan by pass yang menghubungkan Bandara Internasional Lombok (BIL) dengan KEK Mandalika sepanjang 17,3 kilometer.

“Alhamdulillah kita patut bersyukur bahwa pembangunan jalan bypass Bandara Internasional Lombok sampai ke Mandalika telah selesai dibangun. Dengan jalan baru ini, waktu tempuh antara bandara dengan Mandalika hanya 15 menit saja,” ujarnya.

Jokowi tak lupa mengingatkan agar pelaksanaan ajang-ajang internasional di Sirkuit Mandalika tetap memperhatikan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19. (Mg Fauziah) 

Baca Juga

Bertemu Biden, Jokowi Paparkan Sejumlah Comprehensive Strategic Partnership Indonesia-Amerika
Bertemu Biden, Jokowi Paparkan Sejumlah Comprehensive Strategic Partnership Indonesia-Amerika
Pesawat Ketiga Pembawa Bantuan Indonesia untuk Palestina Tiba di El Arish
Pesawat Ketiga Pembawa Bantuan Indonesia untuk Palestina Tiba di El Arish
Presiden Jokowi Ajak Semua Pihak Ikut Serta Bangun IKN
Presiden Jokowi Ajak Semua Pihak Ikut Serta Bangun IKN
Jokowi Lakukan Groundbreaking RS Mayapada di IKN
Jokowi Lakukan Groundbreaking RS Mayapada di IKN
Ke Sumbar, Jokowi Batal Kunjungi 3 Daerah Ini
Ke Sumbar, Jokowi Batal Kunjungi 3 Daerah Ini
PT Hutama Karya Mandalika
Hutama Karya Rampungkan Mandalika Urban and Tourism Project untuk MotoGP 2023