Presiden Jokowi Tiba di Ranah Minang

Presiden Jokowi Tiba di Ranah Minang

Foto: Ist

Langgam.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Selasa (21/5/2024), sekitar pukul 07.45 WIB.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Iriana Joko Widodo datang ke Sumatra Barat (Sumbar) untuk meninjau langsung lokasi bencana banjir bandang atau galodo. Dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, Presiden dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (21/05/2024) sekitar pukul 06.30 WIB.

Dalam foto yang didapatkan Langgam.id, rombongan Presiden Jokowi, ada juga Ibu Negara Irina Joko Widodo, Menteri PMK Muhadjir Effendy. Kedatangan rombongan ini di bandara langsung disambut oleh Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi beserta istri.

Selanjutnya rombongan Presiden langsung bergerak ke Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam. Dijadwalkan, Presiden Jokowi dan rombongan akan menyambangi titik pengungsi.

Dilansir dari Presidenri.go.id, setelah mendarat di Bandara Internasional Minangkabau, Kabupaten Padang Pariaman, selanjutnya, Presiden Jokowi langsung menuju salah satu lokasi terdampak bencana banjir bandang di Kabupaten Agam dengan berkendara mobil.

Selepas itu, Presiden Jokowi akan menuju Lapangan Batu Taba, Kabupaten Agam untuk meninjau posko tanggap darurat sekaligus menyerahkan santunan duka dan bantuan bagi keluarga korban terdampak bencana.

Pada siang harinya, Presiden dan Ibu Iriana akan kembali menuju Bandara Internasional Minangkabau untuk kemudian lepas landas kembali ke Jakarta.

Sebelumnya, Minggu (19/5/2024), Cangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Mochammad Hasan mengecek persiapan rencana kunjungan Presiden RI, Joko Widodo ke lokasi bencana banjir bandang di Kabupaten Agam.

Dalam pengecekan ini, Pangdam I/BB didampingi Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, Danrem 032/WBR, Brigjen TNI Wahyu Eko Purnomo, Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono, Sekdakab Agam, Edi Busti dan lainnya.

“Hari ini kita mengecek persiapan terkait rencana kunjungan pak presiden ke lokasi bencana di Sumbar, terutama Kabupaten Agam,” ujar Pangdam I/BB, Mayjen TNI Mochammad Hasan.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, kunjungan Presiden Joko Widodo direncanakan hari Selasa, sehingga harus dilakukan pengecekan titik yang akan dikunjungi.

“Titik dikunjungi baik jalur yang akan dilewati, kawasan bencana maupun warga terdampak yang masih mengungsi,” terangnya.

Dikatakan, di Sumbar terdapat beberapa daerah terdampak bencana. Diharapkannya nanti semua dikunjungi Presiden RI.

“Ada tiga daerah, Kabupaten Agam, Tanah Datar dan Padang Panjang. Mana akan dikunjungi duluan, nanti ditetapkan Paspampres yang kini juga lakukan pengecekan,” jelasnya lagi. (*/Yh)

Baca Juga

Saat Ini Hujan Lebat di Area Gunung Marapi, Masyarakat Diminta Waspadai DAS Berhulu di Marapi
Saat Ini Hujan Lebat di Area Gunung Marapi, Masyarakat Diminta Waspadai DAS Berhulu di Marapi
Tanjung Barulak Menolak Pajak
Tanjung Barulak Menolak Pajak
Survei Katadata: Mahyeldi Unggul di Pilgub Sumbar 2024
Survei Katadata: Mahyeldi Unggul di Pilgub Sumbar 2024
MK memerintahkan kepada KPU untuk melakukan PSU pemilihan umum calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Tahun 2024 Provinsi Sumatra Barat.
Raih Suara Terbanyak, Ini Tanggapan Cerint Irallozza Tasya Soal PSU Anggota DPD Sumbar
KPU Kota Padang Buka Lowongan 2.854 Formasi Petugas Pantarlih, Berikut Jadwal Pendaftarannya
KPU Kota Padang Buka Lowongan 2.854 Formasi Petugas Pantarlih, Berikut Jadwal Pendaftarannya
Mahyeldi Lepas 3 Pejabat Purna Tugas di Pemprov Sumbar
Mahyeldi Lepas 3 Pejabat Purna Tugas di Pemprov Sumbar