Resmikan Outlet Paten dan Sirancak, Wako Padang Harap Layanan Adminduk Cepat dan Mudah Dijangkau

Resmikan Outlet Paten dan Sirancak, Wako Padang Harap Layanan Adminduk Cepat dan Mudah Dijangkau

Wako Padang Hendri Septa meresmikan outlet Paten dan Sirancak di Padang Timur. (Foto: Prokopim Padang)

Langgam.id - Kabar gembira bagi warga Kota Padang, khususnya di Kecamatan Padang Timur. Wali Kota Padang, Hendri Septa meresmikan Outlet Pelayanan Administrasi Terpadu (Paten) dan Sistem Informasi Terpadu Pencatatan Administrasi Kependudukan (Sirancak) pada hari Senin (22/4/2024).

Peresmian ini menandai komitmen pemerintah kota untuk mempercepat dan mempermudah pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) bagi masyarakat.

"Dengan hadirnya Outlet Paten dan Sirancak ini, diharapkan pengurusan dokumen Adminduk seperti Kartu Keluarga (KK), KTP elektronik, akta kelahiran, dan lainnya menjadi lebih cepat dan mudah dijangkau oleh masyarakat," ujarnya, dikutip dari Prokopim Padang, Selasa (23/4/2024).

Sirancak merupakan program inovatif yang digagas oleh Camat Padang Timur, Diko Eka Putra, untuk menghadirkan layanan Adminduk online bagi masyarakat. Platform ini memungkinkan masyarakat untuk mengurus berbagai dokumen Adminduk secara online tanpa harus datang ke kantor Disdukcapil.

"Sirancak merupakan yang pertama kali diimplementasikan di Kota Padang. Harapannya, inovasi ini dapat mempermudah dan mempercepat proses pengurusan Adminduk bagi masyarakat," jelas Camat Diko Eka Putra.

Outlet Paten merupakan pusat pelayanan Adminduk terpadu yang menyediakan berbagai layanan, seperti pengurusan KK, KTP elektronik, akta kelahiran, akta kematian, dan surat pindah. Kehadiran Outlet Paten di Kecamatan Padang Timur diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas layanan Adminduk bagi masyarakat di wilayah tersebut.

Wali Kota Hendri Septa mengapresiasi Camat Diko Eka Putra atas inisiatifnya dalam menghadirkan Sirancak dan Outlet Paten. Ia berharap inovasi ini dapat menjadi contoh bagi kecamatan lain di Kota Padang untuk meningkatkan pelayanan publik.

"Semoga dengan hadirnya Sirancak dan Outlet Paten ini, pelayanan Adminduk di Kota Padang menjadi semakin baik dan efisien," harap Wali Kota Hendri Septa. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

Pemko Payakumbuh melepas keberangkatan 204 orang Jemaah Calon Haji (JCH) Kloter X asal Kota Payakumbuh menuju Embarkasi Padang
204 JCH Kota Payakumbuh Bertolak Menuju Embarkasi Padang
Seorang turis asal Prancis berjenis kelamin laki-laki bernama Thuleau Aurore (29 tahun) meninggal usai ditimpa pohon tumbang di kamar
WN Prancis Meninggal Tertimpa Pohon Tumbang di Padang
Puluhan lapak pedagang di Pasar Raya Padang ditertibkan oleh tim gabungan yang terdiri dari Satpol PP, Dinas Perdagangan dan TNI, Polri,
Langgar Aturan, Puluhan Lapak Pedagang di Pasar Raya Padang Ditertibkan Petugas
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Sah! Widya Navies Pegang Tampuk Tertinggi PWI Sumbar
Sah! Widya Navies Pegang Tampuk Tertinggi PWI Sumbar
Pemkab Dharmasraya menerima tujuh unit ambulans yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Kesehatan Tahun 2024.
Pemkab Dharmasraya Terima 7 Unit Ambulans dari Pemerintah Pusat