Rentang 1 Jam, 3 Gempa Usik Sumbar

Rentang 1 Jam, 3 Gempa Usik Sumbar

Tiga gempa di atas 5,0 SR dalam catatan BMKG. (Sumber: Informasi gempa BMKG)

Langgam.id - Dalam rentang hampir satu jam terjadi tiga kali gempa di atas 5,0 Skala Richter di Sumatra Barat pada Sabtu (2/2/2019). Gempa ini mengusik ketenangan, meski belum mengakibatkan kepanikan.

Informasi gempa dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa pertama sebesar 5,3 Skala Richter (SR) terjadi pukul 16.03 WIB pada titik koordinat 2,89 Lintang Selatan dan 99,95 Bujur Timur pada kedalaman 10 kilometer.

Gempa kedua sebesar 6,0 sR terjadi pukul 16.27 WIB pada titik koordinat 3,03 Lintang Selatan dan 99,84 Bujur Timur pada kedalaman 17 kilometer.

Sementara, gempa ketiga sebesar 5,2 SR terjadi pukul 16.58 WIB pada titik koordinat 2,88 Lintang Selatan dan 99,96 Bujur Timur pada kedalaman 24 kilometer.

Dari rentang waktu, antara gempa pertama dan ketiga berjarak 55 menit, atau hampir satu jam.

BMKG mencatat, yang dirasakan hanya gempa pertama dan kedua. Gempa pertama dirasakan II Modified Mercalli Intensity (MMI) di Padang dan Painan serta III MMI di Mentawai. Sementara, gempa kedua dirasakan III-IV MMI di Padang, Pariaman dan Painan, II-III MMI di Padang Panjang, Bukittinggi dan Solok, serta IV-V MMI di Kepulauan Mentawai.

Aplikasi informasi gempa BMKG juga menyebutkan, gempa pertama berjarak 221,63 kilometer dari Kota Padang. Gempa kedua dan ketiga, masing-masing berjarak 239,82 dan 220,5 kilometer.

BMKG juga mengumumkan, ketiga gempa tidak berpotensi tsunami.

Bila diperhatikan peta, pusat ketiga gempa tidak terlalu berjauhan. Sama-sama berada di sebelah barat Pulau Pagai Utara.

Belum diketahui bagaimana dampak gempa, terutama untuk daerah terdekat yakni Kecamatan Sikakap dan Pagai Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Di Padang, yang lebih dirasakan adalah gempa kedua. Dari pantauan sekitar, terlihat warga keluar rumah begitu merasakan getaran gempa. Namun, setelah reda warga kembali beraktivitas seperti biasa. (HM)

Baca Juga

BNPB akan melakukan pemasangan EWS di tiga kabupaten/kota di Sumbar. Ketiga daerah tersebut yaitu, Padang Panjang, Agam dan Tanah Datar.
Agam Tambah Pemasangan EWS untuk Mitigasi Bencana
Pangan Sehat bagi Penyintas Galodo Gunung Marapi
Pangan Sehat bagi Penyintas Galodo Gunung Marapi
Bantuan Mengalir untuk Penyintas Longsor Lambung Bukit Pauh
Bantuan Mengalir untuk Penyintas Longsor Lambung Bukit Pauh
Memperkuat Ketahanan Pangan di Daerah Bencana Melalui Teknologi Inovatif
Memperkuat Ketahanan Pangan di Daerah Bencana Melalui Teknologi Inovatif
Menengok Geomorfologi Ngarai Sianok
Menengok Geomorfologi Ngarai Sianok
Sebanyak 13 kali gempa bumi terjadi di wilayah Sumatra Barat (Sumbar) dan sekitarnya selama periode 24-31 Mei 2024.
BMKG Catat Sumbar Digoyang 13 Gempa dalam Seminggu, 3 Kali Dirasakan