Rencana Dikirim Besok, Pemprov Sumbar Targetkan 2 Ton Randang untuk Cianjur

Langgam.id - Pemprov Sumbar menargetkan 1,5 sampai dua ton Randang untuk korban terdampak gempa magnitudo 5,6 di Cianjur, Jawa Barat.

Ilustrasi Randang. [Foto: pixabay.com]

Langgam.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar) menargetkan 1,5 sampai dua ton Randang untuk korban terdampak gempa magnitudo 5,6 di Cianjur, Jawa Barat. Rencananya, Randang tersebut akan dikirim besok, Jumat (25/11/2022).

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, Pemprov Sumbar akan membantu pemenuhan kebutuhan logistik masyarakat Cianjur yang terdampak selama masa tanggap darurat.

Bantuan Randang, kata Mahyeldi, dihimpun dari setiap pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan staf DI lingkungan Pemprov Sumbar, bahkan juga dari kabupaten/kota.

Bantuan randang yang dihimpun tersebut, akan terus dikumpulkan di kantor BPBD Sumbar hingga hari ini, Kamis (24/11/2022).

Selain bantuan dari masyarakat, lanjut Mahyeldi, juga ada bantuan randang dari Bank Nagari sebanyak 100 kilogram Randang dan dari PT. Semen Padang sebanyak 100 kilogram Randang. "Targetnya akan terkumpul satu setengah sampai dua ton," ungkapnya.

Bahkan, sebut Mahyeldi, Pemprov Sumbar juga akan menggalang dana untuk bantuan rehab rekon. "Kita juga akan galang dana bantuan rehab rekon, termasuk masjid, rumah, fasilitas umum dan lainnya, termasuk saudara kita (perantau minang) yang ada di sana," paparnya.

Lalu, Mahyeldi mengimbau, agar bupati dan wali kota, serta masyarakat untuk siap siaga dan waspada terhadap potensi gempa di Sumbar. Kepada BPBD di kabupaten/kota untuk memberikan latihan dan sosialisasi mitigasi bencana di seluruh daerah Sumbar.

Baca juga: Pemkab Dharmasraya Siapkan 1 Ton Randang untuk Korban Gempa Cianjur

"Juga pastikan mengaktifkan Early Warning Sistem Gempa di seluruh tempat, agar berfungsi secara lebih baik, sehingga masyarakat kita lebih siaga," katanya.

Ikuti berita Sumatra Barat hari ini, terbaru dan terkini dari Langgam.id.  Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Pemprov Janji Dukung BNN dalam Penanggulangan Narkoba di Sumbar
Pemprov Janji Dukung BNN dalam Penanggulangan Narkoba di Sumbar
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah OPD Pemprov Sumatra Barat usai libur Lebaran 1445
Pascalibur Lebaran, Tingkat Kehadiran Pegawai Pemprov Sumbar 98 Persen
Gubernur Sumbar Apresiasi Kemenhub Sediakan Mudik Gratis Bagi Perantau Minang
Gubernur Sumbar Apresiasi Kemenhub Sediakan Mudik Gratis Bagi Perantau Minang
Penanganan Lahar Dingin Marapi, Pemprov Fokus Lakukan Pengerukan Sedimen Material Erupsi
Penanganan Lahar Dingin Marapi, Pemprov Fokus Lakukan Pengerukan Sedimen Material Erupsi
Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah melakukan pengawasan terhadap produk makanan, minuman dan parsel di pusat perbelanjaan Transmart Padang, Jumat (5/4/2024)
Ramai Warga Belanja Jelang Lebaran, Mahyeldi: Cek Tanggal Kedaluwarsa dan Keutuhan Kemasan
dprd jalan
Pemprov Sumbar Alokasikan Rp137 Miliar Perbaiki Jalan Rusak di Tanah Datar