Pemkab Dharmasraya Siapkan 1 Ton Rendang untuk Korban Gempa Cianjur

Pemkab Dharmasraya Siapkan 1 Ton Rendang untuk Korban Gempa Cianjur

Ilustrasi - Rendang (Foto: Hendra)

Langgam.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya, Sumatra Barat menyiapkan 1 ton rendang untuk korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat. Pemkab akan memasak rendang bersama untuk itu.

"Satu tahun lalu aksi satu ton rendang kita sangat dirasakan manfaatnya oleh warga Lumajang korban erupsi Gunung Semeru. Oleh karena itu kita juga harus hadir untuk meringankan beban saudara kita di Cianjur dengan aksi yang sama," ujar Bupati Sutan Riska, sebagaimana dirilis akun resmi Pemkab Dharmasraya, Rabu (23/11/2022).

Pengiriman 1 ton rendang tersebut, menurutnya, diawali dengan kegiatan "Dharmasraya Marandang", yang akan dilaksanakan di IKM Logam Gunung Medan, beberapa hari ke depan.

Sutan Riska meminta Sekda dan kepala organisasi perangkat daerah untuk mematangkan persiapannya. "Kita berkomitmen untuk mengirimkan masakan terbaik dari sini untuk saudara-saudara kita di sana," ujarnya.

Ia juga meminta Sekda untuk menggalang donasi dari semua pihak di Kabupaten Dharmasraya agar rendang yang dikirimkan bisa melebihi satu ton.

"Karena nama yang kita bawa ini adalah Dharmasraya secara keseluruhan, maka Pak Sekda saya minta untuk berkoordinasi dengan TNI/Polri, atau instansi vertikal lainnya, termasuk juga DPRD, serta semua yang ingin ikut berpartisipasi, agar kegiatan ini kita sukseskan secara bersama", pintanya.

Sutan Riska juga meminta agar rendang yang dikirim nantinya mempunyai kualitas dan cita-rasa yang tinggi, untuk itu ia memerintahkan agar setiap OPD mendatangkan juru masak terbaik.

Baca Juga: LKAAM Buka Posko Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur, Target 10 Ton Rendang

Sementara itu, Sekda Dharmasraya, Adlisman, mengatakan memasak satu ton rendang bertajuk "Duka Cianjur Duka Indonesia" itu juga akan melibatkan seluruh OPD, camat, PGRI, Wali Nagari, bundo kanduang, dan pihak terkait lainya.

Menurutnya rendang tersebut akan dikirim secepatnya setelah proses memasak dan pengemasan selesai, pelepasan pengiriman satu ton rendang akan dilakukan oleh Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

Bantuan yang diberikan itu nantinya mungkin tidak seberapa nilainya. dibandingkan penderitaan masyarakat yang terdampak. Namun, semua adalah niat ikhlas sebagai bentuk solidaritas sesama warga Indonesia.

Sebagai ketu umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), Sutan Riska mengatakan sudah berkomunikasi aktif dengan sejawat bupati di seluruh daerah untuk membicarakan apa aksi yang diperlukan untuk meringankan korban gempa Cianjur. (*/SS)

Ikuti berita Sumatra Barat hari ini, terbaru dan terkini dari Langgam.id.  Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Dharmasraya Gelar FGD Pembinaan Statistik Sektoral 2024 Targetkan Peningkatan Nilai IPS
Dharmasraya Gelar FGD Pembinaan Statistik Sektoral 2024 Targetkan Peningkatan Nilai IPS
Pasar rakyat berkonsep modern akan segera hadir di Kabupaten Dharmasraya. Pelaksanaan groundbreaking proyek pembangunan Pasar Dharmasraya
Gandeng PT Adhi Perkasa Gedung, Pasar Rakyat Dharmasraya Dibangun di Lahan 5 Ha
Ibunda Bupati Dharmasraya Meninggal Dunia
Ibunda Bupati Dharmasraya Meninggal Dunia
Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan
Kinerja Pemerintah Kabupaten Dharmasraya Terbaik di Sumbar, Nomor 9 di Indonesia
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Stok gula pasir di Bulog Sumbar kosong, sementara stok beras capai 7.000 ton.
Bulog Gelar Bazar 2 Hari Disela HUT Dharmasraya
Forkopimda Dharmasraya Tinjau Lokasi Banjir dan Longsor di Taratak Tinggi
Forkopimda Dharmasraya Tinjau Lokasi Banjir dan Longsor di Taratak Tinggi