Rektor UNP Ajukan Penangguhan Penahanan 3 Mahasiswa

Rektor UNP Ajukan Penangguhan Penahanan 3 Mahasiswa

Mahasiswa mulai memadati halaman kantor DPRD Sumbar (Foto: Irwanda/Langgam.id)

Langgam.id - Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Ganefri mengajukan penangguhan penahanan tiga mahasiswanya yang ditahan Polda Sumatra Barat.

Ganefri mengatakan permintaan penangguhan sudah disampaikan dengan lisan secara langsung ke Kapolda Sumbar. Namun kapan ditangguhkan belum diketahui karena butuh proses hukum.

"Kita memohon ke kapolda untuk meminta penangguhan penahanan. Saat ini saya masih di Jakarta, tapi sudah komunikasi dengan beliau," katanya saat dihubungi di Padang, Senin, (30/9/2019).

Permintaan penangguhan karena banyak dari mahasiswa yang menjadi tersangka hanya korban ikut-ikutan. Mereka ikut-ikutan demonstrasi tetapi tidak tahu apa yang didemokan.

Salah satu mahasiswa yang menurunkan Poto Presiden Joko Widodo diketahui juga seorang anak yatim. Sehingga juga menjadi pertimbangan dirinya.

"Anak-anak ini kita tidak tahu juga apa yang dilakukan, apa yang diperjuangkannya juga tidak jelas, yang menurunkan poto Jokowi itu ternyata anak yatim, kasihan kita," katanya.

Pertimbangan lainnya para tersangka masih muda dan memiliki masa depan yang masih panjang. Pihak kampus tidak ingin mengorbankan masa depan mahasiswa.

"Itu pertimbangannya, tapi pak Kapolda tentu juga memiliki tugas menegakkan keamanan di Sumbar," katanya.

Namun menurutnya tindakan mereka tetap melanggar karena anarkis dan merusak aset negara. Mereka harus diberikan penyadaran terlebih dahulu agar tidak melakukan tindakan serupa.

"Perbuatan mereka yang jelas melanggar, tentu tidak kita biarkan, kalau demonya tidak dilarang, itu dibolehkan negara," katanya.

Saat ini diketahui 3 mahasiswa tersebut masih ditahan di Mapolda Sumbar. Semuanya diketahui dalam keadaan baik. Mereka ditahan karena menjadi tersangka pada aksi demonstrasi di kantor DPRD Sumbar pada Rabu, (25/9/2019).

"Mereka dalam keadaan baik, proses penangguhan baru kita mulai, tunggu proses nya berjalan," katanya. (Rahmadi/HM)

Baca Juga

Tingkatkan Mutu, UNHAN dan UNP Jajaki Peluang Kerjasama
Tingkatkan Mutu, UNHAN dan UNP Jajaki Peluang Kerjasama
Tim UNP dan APDI Sumbar Lacak Penyebab Banjir Bandang di Lembah Anai
Tim UNP dan APDI Sumbar Lacak Penyebab Banjir Bandang di Lembah Anai
Dekan Fakultas Teknik, Krismadinata, terpilih sebagai Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) periode 2024-2029. Ia terpilih dalam pemilihan
Kantongi 17 Suara, Krismadinata Terpilih Jadi Rektor UNP 2024-2029
Sebanyak lebih dari 21 ribu calon mahasiswa baru mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa
Dimulai Hari Ini, 21 Ribu Calon Mahasiswa Baru Ikuti UTBK-SNBT di UNP
Tiga nama calon Rektor Universitas Negeri Padang periode 2024-2029 sudah ditetapkan oleh Majelis Wali Amanat (MWA) UNP pada .
Raih Suara Terbanyak, Ini 3 Nama Calon Rektor UNP Periode 2024-2029
Forum Terbuka Penyajian Kertas Kerja Bakal Calon (Balon) Rektor Universitas Negeri Padang periode 2024-2029 dilaksanakan di Auditorium UNP,
4 Guru Besar Bedah Visi dan Misi 11 Bakal Calon Rektor UNP