Realisasi PAD Kota Padang Triwulan Pertama Capai Rp98 Miliar

Realisasi PAD Kota Padang Triwulan Pertama Capai Rp98 Miliar

Kepala Bapenda Kota Padang Al Amin (foto: Irwanda/langgam.id)

Langgam.id - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Padang mencatat realisasi pendapatan asli daerah (PAD) Kota Padang mencapai Rp98 miliar lebih atau 14,53 persen pada triwulan pertama Januari-Maret 2021.

Realisasi PAD pada triwulan pertama ini didapatkan dari enam jenis pajak. Sementara, Bapenda mengelola 11 jenis pajak diantaranya pajak restoran, reklame, penerangan jalan, sarang burung walet, mineral bukan logam dan batuan.

Kepala Bapenda Kota Padang Al Amin mengatakan, pihaknya memang awal tahun menargetkan realisasi PAD dari enam jenis pajak tersebut. Karena keenam jenis pajak itu bisa ditagih dan dicapai dalam waktu tiga bulan.

"Dibandingkan dengan lima jenis pajak lainnya seperti pajak hotel, hiburan, Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), pajak bumi dan bangunan (PBB), dan pajak air dan tanah. Kelima jenis pajak lainnya tidak ditargetkan pada triwulan pertama," kata Al Amin kepada wartawan, Senin (26/4/2021).

Menurutnya untuk PBB pembayarannya ada batas akhirnya yaitu sampai 31 September. Maka pihaknya tidak terlalu menargetkan pada triwulan pertama.

Hal sama juga terjadi pada pajak BPHTB, karena pajak tersebut berkaitan dengan banyaknya orang yang berurusan dengan Bapenda Kota Padang.

"Kemudian, pajak hotel di mana kondisi saat ini yang masih berada di tengah pandemi covid-19 sehingga pajak tersebut tidak terlalu bisa dipaksakan," sebutnya.

Al Amin mengungkapkan, untuk realisasi PAD Kota Padang pada triwulan pertama ditargetkan dari keenam jenis yakni bisa mencapai 17 persen. Dalam realisasinya, keenam jenis pajak berhasil melampaui target rata-rata di atas 17 persen.

"Dengan pencapaian realisasi PAD yang didapatkan pada triwulan pertama, kami menargetkan pada triwulan kedua bisa merealisasikan PAD sebesar 40 persen dari 11 jenis pajak khususnya enam jenis pajak tersebut," ujarnya.

Al Amin menyebutkan target PAD Kota Padang 2021 sebesar Rp670.526.276.598. Pihaknya optimis bisa meraih realisasi target PAD tersebut.

"Keberhasilan tugas dan kinerja Bapenda itu dilihat dari target PAD yang terealisasikan bisa mencapai target atau bahkan melebihi target yang telah ditetapkan," tuturnya. (Irwanda/yki)

Tag:

Baca Juga

Padang Kembali Gelar Pasar Siti Nurbaya
Padang Kembali Gelar Pasar Siti Nurbaya
Abrasi Kian Mendesak Pasir Jambak, Rumah dan Pondok Wisata Semakin Terancam
Abrasi Kian Mendesak Pasir Jambak, Rumah dan Pondok Wisata Semakin Terancam
Komandan Korem (Danrem) 032 Wirabraja, Brigjen TNI Rayen Obersyl
Prajurit Yonif 133/YS Padang Gugur Diserang KKB di Papua, Jenazah Tiba di Bandara Minangkabau Malam Ini
Balaikota Padang Kini Punya KPN Mart
Balaikota Padang Kini Punya KPN Mart
Pemko Padang menerima dana insentif fiskal kinerja tahun 2023 kategori penghapusan kemiskinan ekstrem dari pemerintah pusat Rp5,3 miliar
Padang Terima Insentif Fiskal Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Rp5,3 M
Padang merupakan salah satu kota di Sumatra Barat yang memiliki beragam objek wisata alam. Mulai dari pantai, pulau-pulau, air terjun
5 Air Terjun Cantik di Padang, Sudah Pernah ke Sana?