Ratusan Guru PAI di Agam Minta Pemda Segera Sediakan Anggaran untuk PPG

Langgam.id - Sebanyak 229 guru PAI di Agam terkendala anggaran untuk mengikuti PPG agar bisa mendapatkan sertifikasi.

Perwakilan guru PAI minta Pemkab Agam segera sediakan anggaran untuk PPG. [Foto: Dok. Pemkab Agam]

Langgam.id - Sebanyak 229 guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kabupaten Agam terkendala anggaran untuk mengikuti Pendidikan Profsi Guru (PPG) agar bisa mendapatkan sertifikasi.

Kasi PAI Kankemenag Agam, Mursal Asmir mengatakan, bahwa PPG tersebut merupakan syarat agar para guru PAI bisa sertifikasi.

"PPG dilaksanakan tiga bulan, dengan anggaran yang dibutuhkan untuk 229 guru itu senilai Rp1,14 miliar," ujar Mursal saat bertemu Bupati Agam, Andri Warman, Selasa (11/10/2022) sore.

Dikatakan Mursal, ratusan guru PAI yang akan PPG itu berstatus non-ASN, PPPK dan juga ada ASN. Mereka selama ini mengabdi di TK, SD hingga SMP.

Menurut Mursal, untuk anggaran sebenarnya sudah ada pembagiannya, PPG dari pemerintah daerah dan sertifikasi dari Kankemenag.

"Jika anggarannya sudha tersedia, maka para guru PAI ini sudah bisa mengikuti PPG segera," ucapnya.

Menanggapi hal itu, Bupati Agam, Andri Warman menyebutkan, akan berupaya menyediakan anggaran untuk PPG ratusan guru PAI tersebut.

"Kita akan perjuangkan, tapi untuk tahun ini tidak memungkinkan," ujar Andri di hadapan sejumlah perwakilan guru PAI yang hadir.

Lalu, Andri berjanji akan mengupayakan ketersediaan anggaran tahun depan, agar para guru PAI bisa ikut PPG dan dapatkan sertifikasi.

Baca juga: Perhimpunan Guru Minta Kemendikbud Perpanjang Pembelajaran Jarak Jauh Sampai Akhir Tahun

"Tahun depan masih ada peluang dan terus lakukan koordinasi dengan Disdikbud, terkait apa saja syarat yang dibutuhkan," katanya.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tag:

Baca Juga

Agam Lelang 35 Kendaraan Dinas
Agam Lelang 35 Kendaraan Dinas
Kabid Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Agam, Aslim mengungkapkan bahwa daerah tersebut masih kekurangan tenaga pengajar
Agam Masih Kekurangan 390 Tenaga Pengajar
APK Caleg yang Langgar Aturan di Agam Kena Copot
APK Caleg yang Langgar Aturan di Agam Kena Copot
Masa siaga darurat penanganan dampak erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam diperpanjang hingga 25 Februari mendatang.
Berada di Sekitar Gunung Marapi, 38 Sekolah di Agam Tiadakan Kegiatan Luar Kelas
Satu unit rumah dan dua warung hangus terbakar di kawasan Padang Baru, Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Senin (15/1/2024) sekitar pukul 13.00 WIB
Kebakaran Hanguskan 1 Rumah dan 2 Warung di Agam
Produksi Udang Vaname Agam Capai 1.431 Ton Sepanjang Tahun 2023
Produksi Udang Vaname Agam Capai 1.431 Ton Sepanjang Tahun 2023