Ramaikan Pilgub Sumbar, 6 Nama Mendaftar ke Partai Nasdem

Ramaikan Pilgub Sumbar, 6 Nama Mendaftar ke Partai Nasdem

Ilustrasi - politisi. (Foto: geralt/pixabay.com)

Langgam.id - Sebanyak enam tokoh telah mendaftarkan diri sebagai bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur ke DPW Partai Nasdem Sumatra Barat. Nama-nama tersebut mendaftar jelang Pemilihan Gubernur Sumbar dalam Pilkada 2020.

Dari 6 nama, 5 orang diantaranya mendaftar sebagai bakal calon gubernur Sumbar. Mereka adalah anggota DPR RI Mulyadi, mantan pejabat gubernur Sumbar Reydonnyzar Moenek, Bupati Agam Indra Catri, mantan bupati Tanah Datar Shadiq Pasadigoe, dan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni.

Sementara satu yang mendaftar sebagai bakal calon wakil gubernur adalah mantan bupati Solok, Syamsu Rahim. Dia juga merupakan satu-satunya kader partai Nasdem. Sementara 5 orang lainnya merupakan di luar kader Nasdem.

Nama-nama itu mendaftar ke panitia penjaringan cagub dan cawagub dari Partai Nasdem Sumbar. Pendaftaran akan dibuka hingga tanggal 23 November.

"Sampai sekarang masih 6 orang yang mendaftar, tapi kabarnya masih ada yang akan mendaftar," kata panitia penjaringan Partai Nasdem Sumbar, Endarmy yang dihubungi langgam.id, Selasa (19/11/2019).

Menurutnya salah satu tokoh lainnya yang telah berkomunikasi dan akan mendaftar yaitu Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit. Setelah pendaftaran ditutup, partai akan melakukan pleno kemudian melengkapi berkas-berkas dan dikirim ke DPP Partai Nasdem.

Keputusan nantinya akan ditetapkan oleh DPP partai Nasdem. Namun dari DPW akan melakukan perengkingan setelah dilakukan survei dan penilaian. Selain mendaftar ke DPW, para calon juga bisa mendaftar langsung ke DPP di Jakarta.

Endarmy menjelaskan kader partai Nasdem yang mendaftar hanya Syamsu Rahim dan itu sebagai Wakil Gubernur. Hal ini karena Nasdem hanya memiliki 3 kursi di DPRD Sumbar.

"Ya kita tahu diri, kursi kita ada 3 kursi, tetapi 3 itu tetap menentukan nantinya, kita lebih fokus kepada Wagub," katanya.

Partainya juga sudah membuka komunikasi untuk menjalin koalisi nantinya. Beberapa partai yang telah berkomunikasi yaitu Demokrat, PPP, PKB, dan partai lainnya.

Baca Juga

Nasdem
DPR RI Dapil Sumbar I: Sengit Perebutan Kursi Kedua Nasdem
DCT DPRD Sumbar 2024: Daftar Caleg Dapil 1 Partai Nasdem, Keterwakilan Perempuan 40 Persen
DCT DPRD Sumbar 2024: Daftar Caleg Dapil 1 Partai Nasdem, Keterwakilan Perempuan 40 Persen
Diganggu Pihak Tertentu, Haji Suherman Terus Bergerak di Tengah Masyarakat
Diganggu Pihak Tertentu, Haji Suherman Terus Bergerak di Tengah Masyarakat
Bantuan Haji Suherman
Cara Haji Suherman Sambung Tali Kasih, Serahkan Bantuan Hingga Pelosok Sumbar
Haji Suherman Partai Nasdem
Haji Suherman Nilai Gagasan Perubahan Anies Baswedan Sesuai dengan Harapan Masyarakat Minangkabau
Haji Suherman
Duet Anies-Cak Imin, Haji Suherman: Pasangan Ideal yang Dirindukan Masyarakat Minang