Puncak Arus Mudik Diprediksi Akhir Mei, 11 Unit Bus Untuk Pemudik Sumbar

Puncak Arus Mudik Diprediksi Akhir Mei, 11 Unit Bus Untuk Pemudik Sumbar

Kadishub Sumbar Heri Nofiardi saat mengecek kelayakan kendaraan beberapa waktu lalu (ist)

Langgam.id - Puncak arus mudik lebaran Idul Fitri 1440 Hijrah diprediksi terjadi tanggal 31 Mei 2019. Sebab, akhir bulan itu bertepatan dengan hari libur dan cuti bersama.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumatra Barat (Sumbar) Heri Nofiardi mengatakan, selain mulai cuti bersama, mayoritas karyawan dan mendapatkan tunjangan hari raya (THR) di akhir bulan Mei. Otomatis usai menerima THR, para karyawan pulang kampung.

"Lonjakan arus lalu lintas pasti terjadi saat mudik. Arus balik diprediksi mulai tanggal 9 Juni 2019," kata Heri, Kamis (23/5/2019).

Untuk melayani pemudik asal Sumbar, Kementerian Perhubungan di Jakarta telah menyediakan 11 unit bus untuk membawa sekitar 438 orang pemudik ke Kota Padang.

"Informasinya star di Monas dan tujuannya Padang. Kita juga lagi konfirmasi dimana penumpang akan diturunkan ke Pemko Padang. Sebab, terminal sudah tidak ada lagi," katanya.

Hanya saja, Heri belum mengetahui pastinya perjalanan mudik dari Jakarta menuju Kota Padang. Pihaknya mengaku akan segera mengkonfirmasikan mudik ini ke pusat.

"Lagi minta info ke pusat. Kami akan mengecek ke pusat jam berapa orang itu akan berangkat, sehingga saat memasuki wilayah Sumbar, kalau bisa di tuntun," bebernya.

Menurutnya, Dishub baru menyediakan fasilitas untuk arus mudik. Sedangkan fasilitas bus untuk arus balik masih belum dapat dipastikan karena belum diinformasikan pusat. (Rahmadi/RC)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Langgam.id - Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah turut menanggapi soal pencabutan izin lembaga kemanusian Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT).
Perputaran Uang Selama Lebaran di Sumbar Diperkirakan Capai Rp2 Triliun
Berita terbaru dan terkini hari ini: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak para pemudik agar tak balik pada 8 Mei 2022.
Menhub Imbau Pemudik Balik Setelah 8 Mei 2022
Berita Bukittinggi - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Kepadatan Kota Bukittinggi H+5 lebaran sudah mulai berkurang.
H+5 Lebaran, Kepadatan di Kota Bukittinggi Mulai Berkurang
Ratusan sembako dari anggota DPR RI yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar, Andre Rosiade dibagikan kepada warga.
Ratusan Paket Sembako dari Arndre Rosiade Dibagikan di Kabupaten Solok
Berita terbaru dan terkini hari ini: Posko Operasi Ketupat melaporkan angka kecelakaan mudik menurun jika dibandingkan tahun lalu.
Data Polisi: Angka Kecelakaan Mudik Tahun Ini Menurun
Berita terbaru dan terkini hari ini: Zakat Fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim menjelang Idul Fitri.
Perlu Dicatat, Ini Orang-orang yang Berhak Terima Zakat Fitrah