PT Pegadaian Bersama Relawan Bakti BUMN Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Sumbar

PT Pegadaian Bersama Relawan Bakti BUMN Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Sumbar

Senior Vice President PT Pegadaian Ferry Hariawan menyerahkan bantuan dari Relawan Bakti BUMN kepada Sekretaris BPBD Sumbar Usradeni. (Foto: Dok. Langgam)

Langgam.id - Sebagai bentuk upaya tanggap bencana galodo yang terjadi di Sumatera Barat, PT Pegadaian melalui program Relawan Bakti BUMN Batch V menyalurkan bantuan berupa ketersediaan pangan.

Bantuan diserahkan melalui Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat yang diterima langsung oleh Usra Deni, selaku Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat, mewakili Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah pada Minggu (19/5/2024).

Bencana galodo merupakan istilah lokal yang merujuk pada banjir bandang yang bercampur dengan lumpur dan batu akibat tanah longsor yang dipicu oleh curah hujan tinggi. Bencana yang terjadi pasca meletusnya Gunung Marapi Sumatera Barat ini, mengakibatkan galodo lahar dingin yang telah menelan puluhan korban jiwa dan kerusakan sarana dan prasarana umum maupun pemukiman masyarakat.

Momen pemberian bantuan juga diisi dengan diskusi antara Sekretaris BPBD Sumbar dengan para Relawan Bakti BUMN mengenai kondisi terkini di titik lokasi bencana. Dalam kesempatan tersebut, para Relawan bersama-sama diajak untuk menyaksikan pemutaran video update terkini dari lokasi bencana serta mendengarkan kondisi korban yang terdampak terkait bantuan apa saja yang masih dibutuhkan.

Di tempat terpisah, Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan turut menyampaikan ungkapan bela sungkawa atas musibah yang terjadi di Sumatera Barat.

“Mewakili Insan Pegadaian, Saya menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas musibah yang terjadi, terkhusus untuk para korban dan masyarakat yang tertimpa musibah agar diberikan kekuatan dan ketabahan. Semoga bantuan yang diberikan oleh Pegadaian dan adik-adik Relawan Bakti BUMN ini dapat sedikit meringankan beban saudara kita yang terdampak bencana di Sumatera Barat,” ungkap Damar.

Sementara itu, Siti salah satu warga yang juga menjadi korban dalam bencana ini, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Pegadaian dan berharap bantuan tersebut dapat mengurangi beban masyarakat atau korban terdampak.

"Ketika bencana galodo melanda desa kami, kami kehilangan hampir segalanya. Rumah saya hancur, jalan yang biasa saya lalui untuk bekerja juga longsor. Situasi kami sangat kritis, dan kami tidak tahu harus mulai dari mana untuk membangun kembali kehidupan kami. Kami sangat berterima kasih bagi PT Pegadaian karena tidak hanya memberikan bantuan yang kami butuhkan seperti makanan dan pakaian, tetapi juga memberikan dukungan moral yang sangat berarti," ujar Siti.

Pegadaian mengapresiasi seluruh pihak yang mendukung dan terlibat dalam kegiatan ini, terutama BPBD Sumatera Barat termasuk kepada Relawan Bakti dari berbagai BUMN yang telah membantu pendistribusian bantuan kepada masyarakat. Melalui komitmen Pegadaian Peduli, semoga seluruh dukungan dapat membantu upaya pemulihan di daerah yang terdampak bencana. (*/Fs)

Baca Juga

Relawan Bakti BUMN Batch 5 Mengabdi di Sumbar, Langsung Terjun ke Masyarakat
Relawan Bakti BUMN Batch 5 Mengabdi di Sumbar, Langsung Terjun ke Masyarakat
Pj Wako Andree Algamar: Program Tanggap Bencana di Kota Padang Sudah Diakui Dunia
Pj Wako Andree Algamar: Program Tanggap Bencana di Kota Padang Sudah Diakui Dunia
PKS Sumbar Sebut Ada Upaya Framing Menjatuhkan Elektabilitas Mahyeldi Lewat Kasus Korupsi
PKS Sumbar Sebut Ada Upaya Framing Menjatuhkan Elektabilitas Mahyeldi Lewat Kasus Korupsi
Pemkab Agam menerima bantuan dari BPK RI senilai Rp250 juta. Bantuan itu diberikan untuk pemulihan bencana di Kabupaten Agam
Pemkab Agam Terima Bantuan Rp250 Juta dari BPK RI untuk Pemulihan Bencana
Universitas Negeri Padang (UNP) akan mengirim sebanyak 6.006 mahasiwa ke 12 kabupatan/kota di Sumbar untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN)
UNP Kirim 6.006 Mahasiswa Ikuti KKN di 12 Kabupaten Kota di Sumbar
Peringati HUT Bhayangkara, Polres Padang Panjang Gelar Aksi Donor Darah
Peringati HUT Bhayangkara, Polres Padang Panjang Gelar Aksi Donor Darah