PSBB Diterapkan, GoJek Hentikan Layanan GoRide di Sumbar

GoJek Hentikan Layanan GoRide di Sumbar

Ilustrasi (Sumber Foto: GoJek)

Langgam.id - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dimulai hari ini, Rabu (22/4/2020) di Sumatra Barat (Sumbar). Sejumlah aturan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19) telah ditetapkan.

Salah satunya adalah larangan berboncengan di sepeda motor, kecuali berdomisili satu alamat. Hal ini juga berlaku bagi para driver ojek online, mereka hanya diperbolehkan mengangkut atau mengantarkan barang.

Menanggapi aturan tersebut, Gojek Indonesia telah memutuskan bahwa layanan GoRide di Sumbar untuk sementara waktu dihentikan. Hal itu dilakukan untuk menghormati aturan selama PSBB di daerah itu.

"Untuk sementara tidak tersedia selama penerapan PSBB sejak 22 April hingga 5 Mei 2020," ujar Chief Corporate Affairs Gojek Indonesia, Nila Marita dalam keterangan tertulisnya yang diterima Langgam.id, Rabu (22/4/2020).

Baca juga : Resmi Diterapkan, Berikut Panduan Lengkap PSBB di Sumbar

Kemudian, dijelaskan Nila, untuk layanan transportasi roda empat atau GoCar tetap tersedia. Namun, selama beroperasi akan mematuhi aturan PSBB dan hanya boleh maksimal dua penumpang dalam satu mobil.

"Layanan GoCar tetap jalan di Padang, Bukittinggi, Payakumbuh dan GoBlue Bird tetap beroperasi di Padang dan Bukittinggi dengan maksimal jumlah penumpang dua orang per unit kendaraan selama penerapan PSBB," jelasnya.

Ia meminta masyarakat yang memanfaatkan layanan Gojek juga mematuhi peraturan selama PSBB berlangsung. Seperti, wajib menggunakan masker dan mengikuti panduan keamanan selama perjalanan yang diinformasikan melalui aplikasi.

"Menjaga keamanan dan keselamatan mitra dan pengguna adalah prioritas utama. Kami telah dan terus menyediakan paket kesehatan, termasuk masker dan hand sanitizer kepada ratusan ribu mitra driver kami di berbagai kota di Indonesia," ungkapnya.

Bahkan, menurut Nila, GoJek akan terus mensosialisasikan terkait aturan-aturan yang diberlakukan di setaiap daerah terkait adanya Pandemi Corona.  "Kami juga melakukan sosialisasi secara intensif untuk memastikan mitra mematuhi panduan kesehatan dan keamanan bersama," ucapnya.

Selain GoCar, Nila mengatakan, layanan pesan antar makanan atau GoFood, layanan telemedik dan pengantaran obat GoMed serta layanan pengantaran barang GoSend dan GoShop tetap beroperasi seperti biasa. Demi keamanan, masyarakat dapat menggunakan layanan ini tanpa kontak fisik secara langsung.

"Gojek siap menjadi garda terdepan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari warga Padang, Bukittinggi, Padang Panjang, Padang Pariaman dan Payakumbuh selama PSBB diterapkan. Untuk informasi lebih lanjut terkait layanan Gojek selama PSBB, masyarakat juga bisa kunjungi website https://www.gojek.com/blog/gojek/gojek-dukung-psbb/," katanya. (Irwanda/ZE)

Baca Juga

Wajah Gelap Homo Digitalis
Wajah Gelap Homo Digitalis
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Nofel Nofiadri
Galodo Soko dalam Kontestasi Kepala Daerah
Anggota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra,Andre Rosiade mengucapkan selamat kepada Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran
Anggap sebagai Kampung Halaman, Prabowo Berkomitmen Bangun Sumbar
KY Fokuskan Pemantauan Sidang Perempuan Berhadapan dengan Hukum
KY Fokuskan Pemantauan Sidang Perempuan Berhadapan dengan Hukum
Prabowo Terbang dari Abu Dhabi ke BIM Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang, Andre: Bukti Cinta Sumbar
Prabowo Terbang dari Abu Dhabi ke BIM Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang, Andre: Bukti Cinta Sumbar