Produksi Padi 1.780 Ton, Pemko Pariaman Teken MoU dengan Perum Bulog

produksi-padi-1-780-ton-pemko-pariaman-teken-mou-dengan-perum-bulog

Penandatanganan MoU antara Pemko Pariaman dan Bulog Sumbar, Sabtu (12/3/2022).

Berita Kota Pariaman - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Produksi Padi 1.780 Ton, Pemko Pariaman Teken MoU dengan Perum Bulog.

Langgam.id - Pemerintah Kota Pariaman menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Kantor Wilayah( Kanwil) Sumatera Barat, Sabtu (12/3/2022).

Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan, salah satu dampak positif MoU, untuk mempermudah penjualan hasil panen para petani khususnya beras di wilayah Kota Pariaman. Sebab, petani di daerahnya mampu menghasilkan ribuan ton padi dalam setahun.

"Untuk produksi padi tahun 2021 sebanyak 1.780 ton. Di Kota Pariaman, untuk produksi padi mengalami surplus dan melebihi dari kebutuhan Kota Pariaman," kata Wako Genius.

Hanya saja, lanjutnya, kondisi di lapangan, pembelian hasil panen petani masih ada yang menggunakan sistem ijon. Sistem penjualan yang memakai jasa tengkulak sehingga harga jual lebih murah dari harga pasar.

Lewat kerja sama dengan Bulog, Genius Umar meminta agar Bulog yang membeli hasil petani tesebut. Kemudian barang didistribusikan lagi, baik kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Pariaman atau masyarakat Kota Pariaman.

"Sehingga beras yang dibeli dari petani oleh Bulog, harganya lebih pantas dan sesuai dengan harga pasaran," katanya. Kerja sama itu tentu akan mengurangi pembelian sistem ijon yang masih banyak dijumpai di lapangan.

Wako berharap dengan kerjasama itu, produksi semakin meningkat dan distribusi hasil pertanian dapat dipasarkan dengan baik.

Direktur Bisnis Perum Bulog Febby Novita mengatakan, MoU yang diteken bertujuan untuk penyaluran dan pengadaan beras untuk ASN dan non ASN di lingkungan Pemko Pariaman.

Siklusnya, jelas Febby, beras dibeli dari petani lokal, lalu disalurkan kepada ASN dan non ASN Pemko Pariaman dengan kualitas beras premium. "Semoga MoU ini bisa berjalan dengan baik dan bisa membantu petani, serta bisa menjadi pilot projek bagi daerah lain," katanya.

Baca juga: Kementerian Nilai Pelayanan DPMPTSP dan Naker Kota Pariaman Sangat Baik

Hadir juga dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini, Pimpinan Wilayah Sumbar Perum Bulog Tommy Despalingga, Ketua TP PKK Kota Pariaman Ny. Lucyanel Genius, Asisten II, dan kepala OPD di lingkungan Pemko Pariaman.

Dapatkan update berita Kota Pariaman – berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Tim SAR evakuasi korban erupsi Gunung Marapi
Gunung Marapi Masih Erupsi, Tim SAR Kesulitan Evakuasi Korban
Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Diskominfo Kota Pariaman masuk nominasi tiga besar Monev Keterbukaan Informasi Publik.
Masuk Nominasi 3 Besar, Sekda Presentasikan Keterbukaan Informasi Publik Pariaman
Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman meraih penghargaan Swasti Saba Wistara Kabupaten Kota Sehat Tahun 2023. Penghargaan ini diserahkan
Pariaman Raih Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wistara 2023
Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan
Pemimpin di Sumbar Mesti Peduli Kebudayaan
Musim Hujan: Bencana atau Anugerah?
Musim Hujan: Bencana atau Anugerah?
Sejumlah masyarakat Sumatra Barat berencana akan menggelar aksi solidaritas untuk Palestina di Kota Padang pada 3 Desember 2023 mendatang.
Ratusan Ribu Masyarakat Bakal Ikuti Aksi Solidaritas Sumbar Bersama Palestina