Polri Buru KKB Papua Usai Aksi Penyerangan 12 Warga Sipil di Nduga

polri-buru-kkb-papua-usai-aksi-penyerangan-12-warga-sipil-di-nduga

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal.

Langgam.id - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) terus memburu Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua yang diduga telah melakukan penyerangan terhadap warga sipil. Dilaporkan, 12 orang termasuk pendeta turut jadi korban.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, penyerangan dan penembakan KKB terhadap pendeta dan warga sipil terjadi di Kampung Nogolait, Kabupaten Nduga, Papua

Kejadian penyerangan terjadi pada Sabtu (16/7/2022) sekitar pukul 09.15 WIT. Mengakibatkan 12 orang menjadi korban, diantaranya 10 meninggal dunia salah satunya seorang pendeta.

"Dua orang mengalami luka-luka," kata Kamal dalam keterangan tertulisnya yang dirilis situs resmi Polri, Minggu (17/7/2022).

Kamal mengaku menyesalkan kejadian tersebut. Aksi KKB disebutnya tidak berprikemanusiaan.

"Anggota Polres Nduga yang di backup Satgas Damai Cartenz dan rekan-rekan TNI, masih terus mendalami latar belakang dari perbuatan keji KKB tersebut. Dan, melakukan pengejaran terhadap pelakunya," katanya.

Lebih disesalkan lagi, lanjutnya, seorang pendeta yang harusnya dihargai dan hormati, namun menjadi korban pembantaian KKB.

Pendeta Eliaser sehari-hair sebagai pelayan gereja di Kampung Yereitma, Distrik Pija, Kabupaten Nduga. Dia ke Nduga dalam rangka kegiatan konfrensi GKI di Wamena pada 26-28 Juli 2022.

Korban saat ini dievakuasi ke Kabupaten Mimika. Sedangkan jenazah Pendeta Eliaser Baye diserahkan ke keluarganya di Kenyam dan disemayamkan di Gereja GKI Kenyam.

Baca Juga

Puslitbang Polri Kunjungi Bukittinggi, Kumpulkan Perwira Pertama dari 6 Polres di Sumbar
Puslitbang Polri Kunjungi Bukittinggi, Kumpulkan Perwira Pertama dari 6 Polres di Sumbar
66 Peserta Ikuti Kursus Pengamanan Stadion, Dikenalkan Aplikasi untuk Deteksi Provokator
66 Peserta Ikuti Kursus Pengamanan Stadion, Dikenalkan Aplikasi untuk Deteksi Provokator
Langgam.id - Mantan Kapolda Sumatra Barat (Sumbar) Irjen Pol Teddy Minahasa Putra tersandung kasus narkotika jenis Sabu.
Polda Sumbar Ajukan Penambahan 6 Polsek ke Mabes Polri untuk Mentawai
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Sosiolog Agama UIN IB Padang nilai pemerintah di Sumbar defensif tanggapi isu terorisme.
Polisi: Ada 1.125 Anggota Jaringan Teroris NII di Sumbar
Berita Gempa Pasaman Barat terbaru dan terkini hari ini: Tim dokter Mabes Polri turun tangan untuk membantu korban gempa Pasaman Barat.
Tim Dokter Mabes Polri Turun Tangan Bantu Korban Gempa Pasaman Barat dan Pasaman
Lomba Layang-layang di Tanah Datar, Diikuti Peserta dari Jambi dan Riau
Lomba Layang-layang di Tanah Datar, Diikuti Peserta dari Jambi dan Riau