Polres Limapuluh Kota Terapkan 'Sistem Buka Tutup' di Jalur yang Amblas

Polisi mengatur lalu lintas di jalur Sumbar-Riau yang amblas

Polisi terapkan sistem buka tutup di jalur Sumbar-Riau yang amblas. (Foto: Polres Limapuluh Kota)

Langgam.id - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Limapuluh Kota menerapkan sistem "buka-tutup" atau lewat bergantian untuk mengatur arus lalu lintas yang melewati jalur amblas dan terancam putus.

Kasat Lantas Limapuluh Kota, AKP Mazwanda ketika dihubungi Langgam.id Minggu (22/12/2019) mengatakan, akses kendaraan yang datang dari arah Sumbar maupun Riau terpantau padat dan sedikit tersendat saat proses penanganan darurat yang dilakukan saat ini. Polisi memberlakukan sistem buka tutup bagi kendaraan yang lewat.

Menurutnya, kendaraan yang tersendat mencapai satu kilometer dari arah Sumbar maupun Riau. Meski demikian, pihaknya berupaya mengurai kepadatan.

"Kebetulan saya di lokasi. Kendaraan masih bisa melalui jalur tersebut. Tapi kami laksanakan buka tutup. Arus lalu lintas tidak masalah, kendaraan hanya tersendat sedikit karena adanya pengerjaan perbaikan jalan dan terjadi buka tutup," katanya.

Mazwanda mengungkapkan, kendaraan yang bermuatan di atas 10 ton masih bisa lewat setelah proses pengerjaan perbaikan jalan selesai.

"Kalau menurut kami ini sudah kendaraan yang lewat di atas 10 ton, tidak menjadi masalah. Cuma kemarin, memang imbauan provinsi ada surat rekomendasi dari pemerintah kabupaten," tuturnya. (Irwanda/HM)

Baca Juga

M. FAJAR RILLAH VESKY
"Kerbau Punya Susu, Sapi Punya Nama"(Jawaban Mengapa Kabupaten Limapuluh Kota Tidak Memiliki Perguruan Tinggi?)
Mencermati analisis Statistik Pendidikan Indonesia yang diluncurkan Badan Pusat Statistik pada 2023 lalu, terutama jenjang perguruan tinggi.
Mengapa Kabupaten Limapuluh Kota Tidak Memiliki Perguruan Tinggi?
Polisi Masih Buru Pelaku Curas di Padang Panjang yang Sebabkan Seorang Nenek Meninggal
Pedagang Emas di Limapuluh Kota Dirampok, Suami Tewas dan Istri Luka-luka
Jalur Padang Panjang-Bukittinggi tepatnya di Kelok Hantu di Nagari Aie Angek, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) amblas. Sebelumnya, ruas jalan di kawasan
Jalur Padang Panjang-Bukittinggi Buka Tutup di Aia Angek Akibat Jalan Amblas
Meriahnya Tradisi Alek Bakajang di Pangkalan Limapuluh Kota
Meriahnya Tradisi Alek Bakajang di Pangkalan Limapuluh Kota
Pakar ilmu pengelolaan sumberdaya pesisir dan lautan Yonvitner dikukuhkan menjadi Guru Besar Tetap Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB
Yonvitner, Putra Asal Limapuluh Kota Dikukuhkan Jadi Guru Besar IPB