Polres Gelar Apel Pengamanan Pilwana Serentak Pasaman Barat

Langgam.id - Personel Kepolisian Resor (Polres) dan instansi terkait mengikuti apel kesiapan pengamanan pemilihan wali nagari (pilwana) serentak Pasaman Barat, Sabtu (17/12/2022). Sebanyak tiga nagari di tiga kecamatan di daerah ini akan menggelar pilwana serentak pada 24 Desember 2022 nanti.

Selain diikuti personel Polri, apel tersebut juga diikuti unsur TNI dan unsur pengamanan lainnya. Kapolres Pasaman Barat AKBP M. Aries Purwanto memimpin apel yang dimulai pada Sabtu pukul 8.20 WIB itu.

Hadir dalam apel itu, Bupati Pasaman Barat H. Hamsuardi, Ketua Pengadilan Negeri Pasaman Barat Fataroni, Kasi Intel Kejari Pasaman Barat Elianto, Pjs Pabung Kodim 0305/Pasaman Kapten Inf. Hamnas Lubis dan sejumlah pejabat Pemkab.

Kapolres Pasaman Barat mengatakan, apel tersebut untuk mengecek kesiapan pengamanan Pilwana tahun 2022, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra Kamtibmas lainnya.

“Pelaksanaan apel kesiapan pengamanan Pilwana ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan pengamanan kegiatan Pilwana serentak, baik kesiapan personel pengamanan maupun sarana dan prasarana yang akan digunakan,” katanya, sebagaimana dirilis tribratanews di situs resmi Polri.

Ia mengatakan, pengamanan Pilwana di tahun ini melibatkan 170 personel Polri dari Polres Pasaman Barat untuk pengamanan 65 TPS di 3 Nagari di Kabupaten Pasaman Barat yang akan melangsungkan Pilwana serentak pada hari Sabtu tanggal 24 Desember 2022.

“Pelaksanaan Pilwana serentak Kabupaten Pasaman Barat tahun 2022 dilaksanakan di 3 Nagari di 3 Kecamatan merupakan agenda Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat yang harus diamankan dan dipastikan dapat terselenggara dengan baik tanpa terjadi permasalahan yang dapat mengganggu situasi keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujarnya.

Kapolres menekankan kepada seluruh personel dalam pelaksanaan pengamanan Pilwana dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, yang didukung kegiatan intelijen, dan penegakan hukum sebagai upaya terakhir, melalui penggelaran fungsi-fungsi Kepolisian dalam bentuk satuan tugas di Polres Pasaman Barat, demi menjamin terselenggaranya Pemilihan Wali Nagari di Kabupaten Pasaman Barat berjalan dengan aman dan lancar.

“Saya menekankan kepada seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan Pilwana Tahun 2022 ini baik dari unsur TNI dan stakeholders terkait berkomitmen untuk terus bekerjasama dan bekerja keras guna menjamin terselenggaranya Pilwana yang aman dan lancar” ucap Kapolres.

Sesuai data yang dihimpun, Nagari yang akan melaksanakan Pilwana serentak tahun ini adalah Nagari Katiagan, Kecamatan Kinali, di Nagari Katiagan ada 11 TPS, Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau, di Nagari ini ada 26 TPS yang akan melakukan pemungutan suara serta Nagari Kapa, Kecamatan Luhak Nan Duo, yang mendirikan 28 TPS untuk memilih Wali Nagari untuk masa jabatan 6 tahun ke depan.

Ia juga menekankan, agar proaktif mendeteksi dini untuk mengetahui dinamika yang berkembang. Hal ini agar dapat sesegera mungkin dilakukan pencegahan dan penaganan sejak dini, sehingga tidak berlalut-larut yang sampai menimbulkan gangguan Kamtibmas selama Pilwana berlangsung dan mengajak, mendorong serta menggelorakan Pilwana damai pada setiap elemen masyarakat sehingga tercipta dan terpelihara Kamtibmas yang aman, damai dan lancar.

Setelah pelaksanaan apel kesiapan pengamanan Pilwana tahun 2022 di Kabupaten Pasaman Barat, kegiatan dilanjutkan dengan rapat koordinasi kesiapan Pilwana. (*/SS)

Baca Juga

Masyarakat Petani Pejuang Nagari Kapa Unjuk Rasa, Tuntut Janji Bupati Pasaman Barat
Masyarakat Petani Pejuang Nagari Kapa Unjuk Rasa, Tuntut Janji Bupati Pasaman Barat
Haji Suhermen
54 Nagari di Tanah Datar Bakal Gelar Pilwana, Haji Suherman: Harus Melahirkan Tokoh Perubahan
Koperasi, PSN, Konflik Agraria Air Bangis: Mereka yang Terhempas
Koperasi, PSN, Konflik Agraria Air Bangis: Mereka yang Terhempas
Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto mendatangi warga pendemo dari Pigogah Patibubur, Nagari Air Bangis, di Masjid Raya Sumatra Barat,
Didatangi Wabup Pasbar, Warga Air Bangis Menolak Pulang Sebelum Ada Solusi
Masyarakat Air Bangis tetap melanjutkan aksi dan tuntutannya walaupun diguyur hujan lebat, Selasa (1/8/2023). Hujan mengguyur Kota Padang
BREAKING NEWS: Warga Air Bangis Lanjutkan Aksi Meski Diguyur Hujan Lebat
Masyarakat Air Bangis, Kabupaten Pasaman Barat, yang melakukan demonstrasi di depan kantor Gubernur, melayangkan delapan tuntutan
Ini Tuntutan Masyarakat Air Bangis Kepada Gubernur dan Kapolda Sumbar