Polisi Ungkap Penimbunan Bio Solar di Riau, 3 Orang Ditahan

dukun gadungan

Ilustrasi polisi. [foto: langgam.id]

Langgam.id – Polisi mengungkap dugaan penimbunan bahan bakar bersubsidi jenis bio solar di Bengkalis Riau. Satu unit truk tangki berkapasitas 450 liter ikut disita.

Kecurigaan polisi bermula saat melihat mobil tangki melakukan pengisian di SPBU cukup lama. Akibatnya tercipta antrian yang sangat panjang.

Setelah diikuti oleh petugas mobil, didapati mobil tangki ini menuju area perusahaan PT IP. Tak lama berselang, mobil tangki tersebut kembali ke SPBU untuk melakukan pengisian bio solar.

Saat tengah melakukan pengisian inilah pelaku disergap oleh petugas. Polisi juga langsung mendatangi lokasi yang dituju truk tangki setelah melakukan pengisian BBM.

“Ternyata benar. Disana ditemukan jeregen-jeregen yang sudah dalam keadaan kosong, diduga telah disalin ke tangki BBM mobil tangki CPO yang ada di tempat tersebut,” ujar Direktur Kriminal Khusus Polda Riau Kombes Ferry Irawan, Minggu (17/10/2021).

Tiga orang juga langsung diamankan polisi. Mereka adalah JN (52) sopir yang melansir BBM dari SPBU, KS (26) petugas SPBU dan AFJ (22). "Diamankan di Rutan Polda Riau" sambung ujar Ferry.

Para pelaku dijerat Pasal 55 Undang-undang nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi sebagaiman telah diubah dengan Pasal 40 Angka 9 Undang-undang nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dengan ancaman pidana penjara paling lama 6 tahun dan denda paling tinggi Rp60 Miliar. (Mg Winda)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Tag:

Baca Juga

Dishub Padang Segera Bahas Tarif Baru Angkot Usai Naiknya Harga BBM
Dishub Padang Segera Bahas Tarif Baru Angkot Usai Naiknya Harga BBM
Langgam.id - BumNag Serumpun Sejahtera di Nagari Lubuk Jantan, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar mendirika Pertashop.
BumNag di Nagari Lubuk Jantan Tanah Datar Dirikan Pertashop
Langgam.id - Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar menggelar Kunjungan Kerja (Kunker) ke Provinsi Riau.
Kunker ke Riau, Komisi III DPRD Sumbar Pelajari Pola Pengembangan UMKM
Langgam.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral terus berupaya mengawasi mutu Bahan Bakar Minyak (BBM) terutama jenis Pertalite.
Data Pertamina: 80 Persen BBM Bersubsidi Dinikmati Orang Kaya
Komisi III melakukan study koperatif ke Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Riau, Rabu (20/5/2022).
Optimalkan Potensi Investasi, DPRD Sumbar Studi Kooperatif ke Riau
Elnusa Petrofin Kerahkan 1.831 Armada Dukung Satgas BBM Selama Libur Lebaran
Elnusa Petrofin Kerahkan 1.831 Armada Dukung Satgas BBM Selama Libur Lebaran