Polisi Identifikasi Perampok Pedagang Emas di Agam Gunakan 2 Jenis Pistol

Polisi Identifikasi Perampok Pedagang Emas di Agam Gunakan 2 Jenis Pistol

Ilustrasi senjata api. [Foto: Pixabay]

Langgam.id - Polisi telah menangkap empat dari enam orang pelaku perampok pedagang emas di Kabupaten Agam, Sumatra Barat (Sumbar). Komplotan ini diketahui beraksi menggunakan senjata api.

Kapolres Agam AKBP Ferry Ferdian mengatakan, hasil penyelidikan dan pemeriksaan terhadap empat pelaku didapat para pelaku beraksi menggunakan dua jenis pistol.

"Senpi (senjata api,red) yang digunakan, ada dua jenis pistol," kata Ferry saat dihubungi Langgam.id, Kamis (13/10/2022).

Meski telah mengetahui jumlah senjata api yang digunakan saat beraksi, pihak kepolisian belum bisa memastikan jenis pistol yang digunakan pelaku.

Ferry menyebutkan, senjata api yang digunakan sampai saat ini belum ditemukan. Dari keempat pelaku yang diamankan, tidak mengakui senjata api milik mereka.

"Karena barang bukti senpi belum dapat, kami belum bisa pastikan (jenisnya). Bukan milik dari empat pelaku yang ditangkap," tuturnya.

Sebelumnya, empat pelaku yang telah diringkus polisi di antaranya berinisial CM, KT, RM dan RN. Mereka ditangkap di sejumlah daerah di Sumbar dan Riau.

"Satu pelaku di Padang, satu di Koto Anau Solok. Dua di Riau," kata Ferry.

Perampokan yang dilakukan 16 September 2022 itu, diketahui para pelaku berhasil membawa kabur dua kilogram emas hingga uang tunai sekitar Rp100 juta.

Komplotan ini melancarkan aksinya dengan mencegat korban di jalanan sepi di kilometer 20 Bukittinggi-Lubuk Basung, tepatnya di kawasan Bukit Apik.

Ferry mengungkapkan, hasil pemeriksaan sementara dari empat pelaku, aksi perampokan ini telah dirancang dengan mengintai korban setiap pulang pergi ke pasar.

Baca Juga: 4 Pelaku Perampok Pedagang Emas di Agam Diringkus, 2 Orang Masih Buron

"Sudah direncanakan sejak Agustus 2022. Sudah digambarkan si target, setiap hari pasar. Kemungkinan ada yang kenal (antara korban dan pelaku)," tuturnya.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Nasdem
DPR RI Dapil Sumbar I: Sengit Perebutan Kursi Kedua Nasdem
Survei SBLF: Nofi Candra Berpeluang Besar Melenggang ke DPR RI di Pemilu 2024
Survei SBLF: Nofi Candra Berpeluang Besar Melenggang ke DPR RI di Pemilu 2024
Prof Amir Syarifuddin
Mengenang Prof Amir Syarifuddin: Berawal dari Guru Agama dan Berakhir Juga sebagai Guru Agama
Anggota DPR RI Guspardi Gaus
Pemerintah Buka 2,3 Juta Lowongan CPNS 2024, Guspardi Gaus: Kesempatan Besar Bagi Fresh Graduate dan Honorer
Kunjungan wisman ke Sumatra Barat (Sumbar) melalui Bandara Internasional Minangkabau pada April 2023 mencapai 4.100 kunjungan.
Bandara Minangkabau Kembali Beroperasi Setelah Sempat Ditutup Akibat Erupsi Gunung Marapi
Masa siaga darurat penanganan dampak erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam diperpanjang hingga 25 Februari mendatang.
Penutupan Bandara Minangkabau Diperpanjang Akibat Erupsi Gunung Marapi