Polemik dengan Ketua KPU Sumbar, Pemko Padang Resmi Minta Maaf

Screnshoot video ribut-ribut Ketua KPU Sumbar dan petugas pos Covid-19 di Lubuk Paraku, Kota Padang. (Foto: Istimewa)

Screnshoot video ribut-ribut Ketua KPU Sumbar dan petugas pos Covid-19 di Lubuk Paraku, Kota Padang. (Foto: Istimewa)

Langgam.id - Pemerintah Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar) meminta maaf secara resmi kepada ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar, Amnasmen. Hal ini merupakan buntut dari perseteruan Ketua KPU Sumbar dengan petugas Satgas Covid-19 Kota Padang di perbatasan Solok-Padang beberapa waktu lalu.

Sekda Kota Padang Amasrul mengatakan permintaan maaf disampaikan kepada seluruh masyarakat yang selama ini merasa tidak nyaman saat melewati empat pos pemeriksaan Pemko Padang, selama pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Saya atas nama pimpinan diberikan tugas untuk memintaa maaf, bahwa ada kesalahan selama PSBB di empat pintu masuk Padang baik kepada masyarakat maupun kepada bapak Amnasmen," katanya, Senin (15/6/2020).

Selama ini, Pemko Padang menerapkan penjagaan ketat di empat gerbang masuk Padang. Hal itu hanya bermaksud mencegah penyebaran virus corona atau covid-19 di Kota Padang maupun daerah lain di Sumbar. Kebijakan itu bukan bermaksud megganggu warga.

Kemudian khusuh dengan Ketua KPU Sumbar, Amnasmen, juga terjadi insiden dengan salah seorang anak buahnya, Rita Sumarni yang saat itu menjalankan tugas di pos cek perbatasan. Ia waktu itu juga telah memerintahkan Rita Sumarni agar menghapus postingan di Facebook yang memajang video dan KTP Amnasmen.

"Saya sudah suruh hapus waktu itu, saya dengan setulusnya mohon maaf atas kelancangan anak buah saya di lapangan, karena itu juga kesalahan saya karena saya pimpinannya," katanya.

Ia mengatakan tidak sedikit pun bermaksud menjatuhkan nama baik seseoran. Namun, waktu itu memang ada penerapan kebijakan PSBB.

Pihaknya mengaku belum mengetahui respon dari Ketua KPU. Namun, Pemko Padang melalui kabag hukum terus melakukan upaya pendekatan agar kasus yang kini ditangani Polda Sumbar berakhir dengan perdamaian. (Rahmadi/ICA)

Baca Juga

PSU DPD RI, KPU Sumbar Mulai Distribusikan Kotak dan Surat Suara
PSU DPD RI, KPU Sumbar Mulai Distribusikan Kotak dan Surat Suara
Desain surat suara untuk PSU pada 13 Juli 2024 nanti sudah disetujui oleh 16 calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dapil Sumbar.
Desain Surat Suara PSU DPD RI Sumbar Sudah Disetujui, KPU: Segera Dikirim ke Percetakan
KPU Sumbar resmi menetapkan 65 calon anggota DPRD Sumatra Barat terpilih pada Pemilu serentak 2024 pada rapat pleno yang digelar Jumat
KPU Tetapkan 65 Anggota DPRD Sumbar Terpilih, Ini Nama-namanya
MK memerintahkan kepada KPU untuk melakukan PSU pemilihan umum calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Tahun 2024 Provinsi Sumatra Barat.
Raih Suara Terbanyak, Ini Tanggapan Cerint Irallozza Tasya Soal PSU Anggota DPD Sumbar
Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan KPU melakukan pemungutan suara ulang (PSU) untuk pemilihan calon anggota DPD di Sumbar
PSU DPD Sumbar Diulang Usai MK Kabulkan Gugatan Irman Gusman, Begini Respons KPU
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang mencatat, saat ini sudah ada 175 bank sampah di daerah tersebut. Keberadaan bank sampah ini
Padang Miliki 175 Bank Sampah, Terbanyak di Kecamatan Pauh