Polda Sumbar Kerahkan Ribuan Personel Amankan TdS 2019

Polda Sumbar Kerahkan Ribuan Personel Amankan TdS 2019

Karo Ops Polda Sumbar, Kombes Pol Firly R Samosir (Foto: Irwanda)

Langgam.id - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat (Sumbar) menyatakan kesiapan diri untuk melakukan pengamanan Tour de Singkarak (TdS) yang dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 2-10 November 2019. Ribuan personel akan dikerahkan dalam menyukseskan iven balap sepeda internasional tersebut.

Karo Ops Polda Sumbar, Kombes Pol Firly R Samosir mengatakan, pihaknya merencanakan mengerahkan sebanyak 8.251 personel. Para personel yang terlibat dalam pengamanan ini, terdiri dari semua unsur di setiap kabupaten yang ikut serta di iven TdS.

"Kami sudah beberapa kali rapat dengan pihak terkait, seperti iven organizer dan pemerintah provinsi dan lain sebagian. Setidaknya sudah tiga kali rapat, nah final rapat besok untuk menyatukan dan sinergikan dalam pengaman iven ini," ujar Firly kepada langgam.id, Rabu (23/10/2019).

Ia mengatakan, pengamanan akan difokuskan di jalur etape yang akan dilalui para pembalap. Setidaknya, ada sembilan etape dalam TdS 2019 yang tidak hanya ada di Sumbar namun juga di Provinsi Jambi.

"Tahun sekarang (etape) sedikit panjang, sampai ke Jambi, ada Kabupaten Kerinci dan Sungai Penuh. Kami sudah Komunikasi dengan Polda Jambi. Pengamanan sesuai prosedur karena ini menyangkut keselamatan lalu lintas karena olahraga sepeda," katanya.

Selain itu fokus pengamanan etape, Firly mengungkapkan, pihaknya juga akan melakukan pengamanan terbuka dan tertutup untuk para pembalap. Seperti diketahui, dalam iven TdS terdapat pembalap internasional dan nasional yang akan adu kecepatan.

"Pengamanan untuk atlet asing ada, tapi tidak berlebihan. Mereka atlet internasional dan ke sini membawa misi dan akan menceritakan ke negara bahwa Sumbar memiliki destinasi pariwisata yang luar biasa. Mari kita jaga keselamatan dan keamanan. Kami dalam pengaman sudah sesuai SOP, akan melakukan pengamanan terbuka dan tertutup," bebernya.

Firly menegaskan, pihaknya memastikan keamanan hingga akhir penutupan TdS 2019. Ia mengimbau kepada masyarakat untuk dapat saling bersinergi, agar iven ini dapat berjalan lancar dan sukses serta tentunya mengharumkan nama Sumbar.

"Kami kemas supaya yang paling penting tujuan visi benar-benar menunjukkan Sumbar memiliki destinasi yang luar biasa. Dan partisipasi masyarakat dalam iven ini, harus bangga dengan pariwisata di Sumbar karena iven TdS melibatkan berbagai pembalap dari beberapa negara dan provinsi di Indonesia," tuturnya. (Irwanda/RC)

 

Baca Juga

Perkembangan Bencana di Sumbar per Selasa Malam, Kabiddokkes Polda Sumbar: 56 Orang Meninggal
Perkembangan Bencana di Sumbar per Selasa Malam, Kabiddokkes Polda Sumbar: 56 Orang Meninggal
Oknum Polisi Padang Panjang Diringkus BNN Miliki 141 Paket Ganja, Kapolda Sumbar Komit Tindak Tegas
Oknum Polisi Padang Panjang Diringkus BNN Miliki 141 Paket Ganja, Kapolda Sumbar Komit Tindak Tegas
Kecelakaan Tunggal di Malalak, Kapolda Sumbar Minta Sopir Bus ALS Serahkan Diri
Kecelakaan Tunggal di Malalak, Kapolda Sumbar Minta Sopir Bus ALS Serahkan Diri
Polda Sumbar mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan balik agar selalu taat aturan lalu lintas. Hal ini demi mencegah
Ini Imbauan Polda Sumbar Bagi Masyarakat yang Melakukan Perjalanan Arus Balik
Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar mengeluarkan Surat Edaran Nomor 400/1140 /Kesra/XII-2023 tentang Pergantian Tahun Baru Masehi di
Mudik Lebaran Lancar, Polda Sumbar Siagakan Personel di Objek Wisata
Polda Sumbar menekankan pentingnya waspada meninggalkan rumah sebelum mudik, sebagai langkah preventif untuk mencegah tindakan kriminal
Tinggalkan Rumah saat Mudik Lebaran, Ini Langkah Preventif yang Bisa Dilakukan