Polda Sumbar Ikut Memburu "Desa Siluman"

Polda Sumbar Ikut Memburu "Desa Siluman"

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimus) Polda Sumbar, Kombes Pol Juda Nusa Putra (Foto: Irwanda)

Langgam.id - Fenomena desa fiktif atau "desa siluman" penerima program Dana Desa perlahan mulai diungkap pemerintah. Desa siluman adalah desa yang tidak berpenghuni, namun aktif mendapatkan kucuran Dana Desa.

Kepolisian Daerah Sumatra Barat (Polda Sumbar) mengaku akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar, jika indikasi ini ditemukan di kabupaten dan kota di Sumbar. Hingga kini, belum ditemukan dan didengar kabar adanya desa siluman tersebut.

"Belum ada laporan masuk. Kami belum dengar, kalau ada tentu akan diselidiki," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimus) Polda Sumbar, Kombes Pol Juda Nusa Putra kepada langgam.id saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (7/11/2019).

Jika ada pihak yang mengetahui atau menemukan fakta desa siluman di Sumbar, silakan segera melapor ke jajaran Polda Sumbar. Pihaknya menjamin akan menindak tegas dan mengungkap para pelaku.

"Kalau ada-kan enak. Mana? kasih tahu ke saya akan kami tindak tegas. Yang jelas sampai sekarang, kami belum ada dapat laporan ada desa siluman di Sumbar. Tapi kami tetap cek dan koordinasikan dengan Pemprov," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan banyak pihak yang memanfaatkan dana desa secara tak bertanggung jawab. Salah satunya modusnya dengan desa siluman alias desa-desa tak berpenghuni, namun diadakan demi mendapat kucuran dana desa. (Irwanda/RC)

Baca Juga

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kapolres Solok Kota pada Kamis (18/7). Sertijab ini
Jabatan Kapolres Solok Kota Berganti, Kini Dijabat AKBP Abdus Syukur Felani
Polda Sumbar melaksanakan apel pengamanan dalam rangka pemungutan suara ulang (PSU) untuk DPD RI pada Sabtu pagi (13/7/2424) di halaman
Pastikan Kelancaran PSU DPD, Polda Sumbar Gelar Apel Pengamanan
Ditresnarkoba Polda Sumbar berhasil mengungkap kasus narkotika jenis ganja yang akan diedarkan di Sumatra Barat jaringan Penyabungan.
Polda Sumbar Gagalkan Peredaran 48 Kg Ganja Jaringan Penyabungan, 4 Pelaku Ditangkap
Koalisi Advokat Anti Penyiksaan melaporkan kasus dugaan penyiksaan yang dilakukan oleh anggota kepolisian terkait kematian bocah 13 tahun,
Kematian AM Diduga Disiksa Oknum Polisi, Koalisi Advokat Lapor ke Propam Polda Sumbar
Investigasi LBH Padang: Meninggalnya Bocah Malang AM di Batang Kuranji Diduga Disiksa Polisi
Investigasi LBH Padang: Meninggalnya Bocah Malang AM di Batang Kuranji Diduga Disiksa Polisi
Polda Sumbar mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi pencurian ternak jelang Hari Raya Idul Adha.
Polisi Ingatkan Warga Waspadai Pencurian Ternak Jelang Idul Adha