Pessel Akan Bangun Masjid Terapung Senilai Rp27,5 Miliar di Painan

wisata religi masjid

Master plan Masjid Terapung Pessel (Sumber: Humas Pessel)

Langgam.id - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) akan membangun masjid terapung di Kawasan Pantai Carocok, Painan. Pembangunan tersebut digadangkan sebagai penunjang terwujudnya wisata halal di daerah itu.

Hendrajoni, Bupati Pessel menyebutkan, tahun ini pembangunan akan dimulai. “Masjid itu akan dibangun di kawasan Pantai Carocok, tahun ini pembangunannya akan dimulai,” ujarnya, Senin (06/05/2019).

Rencana pembangunan masjid terapung, kata Hendrajoni, merupakan upaya untuk melayani wisatawan untuk beribadah dengan nyaman. “Adanya masjid itu, pengunjung yang datang, ibadahnya tidak terganggu,” jelasnya.

Selain menjadi kebangaan nantinya, Hendrajoni juga berharap masjid tersebut dapat menjadi icon wisata di Pesisir Selatan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pesisir Selatan, Era Sukma Munaf mengatakan, masjid terapung dianggarkan Rp27,5 miliar yang diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Tahap pembangunannya, multi years, tahun 2019 dan 2020,” ujar Era.

Lokasi masjid terapung, kata Era, direncanakan di bibir Pantai Carocok, persisnya di arah timur pulau Batu Kereta. “Saat ini sudah masuk proses tahap persiapan tender,” ungkapnya. (*/FZ)

Baca Juga

Mencermati SDGs dan Hubungannya dengan Kearifan Lokal dalam Pembangunan
Mencermati SDGs dan Hubungannya dengan Kearifan Lokal dalam Pembangunan
Green Construction, Pola Pembangunan Berkelanjutan Disosialisasikan di Sumbar
Green Construction, Pola Pembangunan Berkelanjutan Disosialisasikan di Sumbar
Tanah Datar Bakal Bangun Pabrik Saus Tomat
Tanah Datar Bakal Bangun Pabrik Saus Tomat
Mayoritas penduduk Sumatra Barat (Sumbar) adalah beragama Islam. Oleh karena itu, hampir di semua kabupaten/kota di Sumbar ditemukan banyak
Berikut 10 Kabupaten/Kota dengan Jumlah Masjid Terbanyak di Sumbar
Pemko Padang terus menggali potensi sektor pariwisata yang ada di ibu kota Sumatra Barat (Sumbar) ini. Salah satu objek wisata yang akan
Alami dan Asri, Pemko Padang Bakal Kembangkan Objek Wisata Air Terjun Sarasah
Beragam event pariwisata akan digelar di Kota Padang pada November 2023. Dikutip dari akun Instagram Dinas Pariwisata Kota Padang, ada lima event pariwisata
Catat! Ini 5 Event Pariwisata Kota Padang di November 2023