Pesisir Selatan Optimis Kawin Suntik Tingkatkan Populasi Sapi

Pesisir Selatan Optimis Kawin Suntik Tingkatkan Populasi Sapi

Inseminasi buatan atau kawin suntik terhadap sapi. (Foto: dok humas pessel)

Langgam.id - Penerapan program inseminasi buatan atau kawin suntik diyakini mampu meningkatkan populasi sapi di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatra Barat (Sumbar).

Hal itu dibeberkan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Pessel, Efrianto. Menurutnya, inseminasi lebih menguntungkan daripada melepas liarkan ternak ke alam, seperti yang kerap masih terjadi di kawasan Painan.

"Inseminasi buatan telah mampu meningkatkan populasi sapi di Pessel," katanya dikutip dari situs resmi Pemkab Pessel, Selasa (26/1/2021).

Tahun 2020, populasi sapi di Pessel mencapai 83.687 ekor. Jumlah tersebut meningkat lebih dari seribu ekor dibandingkan tahun 2019.

"Jika penerapan inseminasi buatan sudah semakin membudaya bagi peternak, Pessel akan tetap menjadi produsen sapi potong di Sumbar," ujarnya.

Kasi Pembibitan Disnakeswan Pessel, Joni Alfian mengatakan, tahun 2020 pihaknya mentargetkan kawin suntik sapi sebanyak 7.617 ekor.

"Realisasinya ternyata mencapai 106 persen. Tahun ini kita tingkatkan lagi menjadi 9.090 ekor," ujarnya. (*/ICA)

Baca Juga

Wilayah Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar) diguncang gempa dengan magnitudo 4,7 pada Jumat (14/6/2024) pukul 12.39 WIB.
Gempa M 4,7 Guncang Pessel, BMKG: Akibat Adanya Aktivitas Sesar Lokal
Gempa bumi berkekuatan (magnitudo) 4,7 mengguncang Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat pada Jumat (14/6/2024) pukul 12.39 WIB.
Gempa M 4,7 Mengguncang Pesisir Selatan Jumat Siang
Rusak sejak puluhan tahun yang lalu, jembatan gantung Kampung Sikabu Munto di Nagari Amping Parak Timur, Kecamatan Sutera, Pessel
Puluhan Tahun Rusak, Jembatan Gantung Kampung Sikabu Munto Pessel Diperbaiki
Kepala Dinas Pertanian Pesisisr Selatan, Madrianto mengatakan, bahwa pihaknya saat ini menurunkan sebanyak 21 petugas kesehatan hewan
Jadi Daerah Pemasok, 21 Petugas Keswan Pessel Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban
Ilustrasi Remaja meninggal
Satu Korban Hanyut di Batang Lunang Pessel Berhasil Ditemukan
Pencarian dua korban hanyut di sungai Batang Lunang di Kecamatan Lunang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, pada hari kedua, Jumat
Hari Kedua Pencarian, 2 Korban Hanyut di Batang Lunang Pessel Belum Ditemukan