Pertama di Indonesia, Kereta Api di Sumbar Hadirkan Layanan Bagasi Sepeda Non Lipat

Langgam.id-bagasi sepeda

PT KAI Divre Sumbar memberikan layanan bagi penumpang kereta api berupa fasilitas bagasi sepeda non lipat. [foto: PT KAI Divre II Sumbar]

Langgam.id - PT Kereta Api Indonesia Divre II Sumatra Barat (Sumbar) memberikan tambahan layanan bagi penumpang Kereta Api Sibinuang berupa fasilitas bagasi sepeda non lipat.

Layanan ini diberikan pada penumpang KA Sibinuang keberangkatan dari Stasiun Padang – Pariaman – Naras (PP).

Vice President PT KAI Divre II Sumatera Barat Miming Kuncoro mengatakan, fasilitas ini mulai diterapkan pada Sabtu (6/11/2021).

Untuk fasilitas bagasi sepeda non lipat, penumpang dapat menambahkan pemesanan bagasi sepeda saat memesan tiket KA Sibinuang di aplikasi KAI Access versi terbaru.

Pihaknya juga sudah melakukan uji coba pembukaan layanan fasilitas kereta bagasi sepeda non lipat.

Fasilitas yang masih dalam tahap uji coba ini diberikan secara gratis kepada para penumpang yang akan membawa sepeda non lipat saat bepergian menggunakan kereta api.

"Dalam setiap perjalanannya, fasilitas kereta bagasi sepeda non lipat dapat menyimpan sebanyak dua belas unit sepeda. Hadirnya kereta bagasi sepeda non lipat ini merupakan yang pertama di Indonesia," katanya.

Berharap Penumpang Meningkat

Dia mengatakan, fasilitas bagasi sepeda non lipat ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah penumpang kereta api. Khususnya yang terbiasa menggunakan sepeda untuk bepergian setelah menggunakan transportasi umum.

Serta bertujuan untuk mengajak masyarakat kembali bersemangat dalam berolahraga. Khususnya bersepeda dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Hal itu menurutnya, sejalan dengan usulan Wali Kota Pariaman Genius Umar yang mengharapkan dapat terwujudnya layanan fasilitas kereta bagasi sepeda.

Hal ini untuk mengakomodir pesepeda yang menggunakan KA baik untuk bekerja maupun untuk berolahraga.

"Di samping itu, layanan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan penumpang saat menggunakan kereta api. Hal ini sesuai dengan slogan KAI Melayani Lebih Cepat dan Lebih Baik," katanya.

Dalam pelaksanaan uji coba pembukaan layanan fasilitisas kereta bagasi sepeda, PT KAI Divre II Sumbar telah berhasil melakukan uji coba pengangkutan enam sepeda dengan aman dan lancar.

Yaitu, keberangkatan dari Stasiun Padang. Serta, delapan sepeda keberangkatan dari Stasiun Pariaman.

Baca juga: Gerbong Khusus Sepeda Bakal Segera Hadir di KA Sibinuang

Ia mengungkapkan, PT KAI ingin memberikan pelayanan kepada para pelanggan dengan lebih cepat dan hasil yang lebih baik.

Miming menambahkan, meskipun di tengah pemulihan kinerja keuangan akibat efek pandemi covid-19, namun tidak menyurutkan PT KAI dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Sumbar.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Program Padang Bergoro, Wako Hendri Septa: Sungai Bukan Tempat Buang Sampah
Program Padang Bergoro, Wako Hendri Septa: Sungai Bukan Tempat Buang Sampah
Hijrah dan Arus Balik Selebritas
Hijrah dan Arus Balik Selebritas
Sampah Menumpuk di Pantai Usai Hujan, Wako Padang Imbau Warga Tak Lagi Buang Limbah ke Sungai
Sampah Menumpuk di Pantai Usai Hujan, Wako Padang Imbau Warga Tak Lagi Buang Limbah ke Sungai
Gerak Cepat Wako Hendri Septa Meninjau Korban Banjir
Gerak Cepat Wako Hendri Septa Meninjau Korban Banjir
Puluhan Atlet 3 Provinsi Ikuti Body Contest di Pariaman
Puluhan Atlet 3 Provinsi Ikuti Body Contest di Pariaman
Langgam.id - Kasat Pol PP Padang, Mursalim menyebutkan wanita yang videokan aksi penertiban pedagang di Pantai Padang merupakan provokator.
Ditegur Satpol PP, Spanduk "Pengabdi Setan" di Padang Diturunkan